Pengaruh Debt to Equity Ratio, Earning per Share dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham Perusahaan (Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2008-2010)

Dedi Aji Hermawan, 7350407084 (2012) Pengaruh Debt to Equity Ratio, Earning per Share dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham Perusahaan (Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2008-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pasar modal sebagai sarana untuk memobilisasi dana yang bersumber dari masyarakat ke berbagai sektor yang melaksanakan investasi. Syarat utama yang diinginkan oleh para investor untuk bersedia menyalurkan dananya melalui pasar modal adalah perasaan aman akan investasinya. Para investor yang akan melakukan investasi dengan membeli saham di pasar modal akan menganalisis kondisi perusahaan terlebih dahulu agar investasi yang dilakukannya dapat memberikan keuntungan (return). Memperoleh return (keuntungan) merupakan tujuan utama dari aktivitas perdagangan para investor di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh debt to equity ratio, earning per share dan net profit margin secara parsial maupun simultan terhadap return saham pada perusahaan perbankan yang listing di BEI tahun 2008-2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dimana dari teknik purposive sampling tersebut diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari debt to equity ratio (X1), earning per share (X2), net profit margin (X3) dan return saham (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16. Besarnya pengaruh debt to equity ratio, earning per share dan net profit margin secara simultan terhadap return saham adalah 24,3 % dan sisanya sebesar 74,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Besarnya pengaruh secara parsial debt to equity ratio kualitas terhadap return saham adalah 8,07%. Besarnya pengaruh secara parsial earning per share terhadap return saham adalah 16,08%. Sedangkan net profit margin secara parsial tidak berpengaruh terhadap return saham. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y= 0,222 - 0,012X1 + 0,001X2 + 0,004X3. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara simultan terdapat pengaruh debt to equity ratio, earning per share dan net profit margin terhadap return saham. Secara parsial debt to equity ratio dan earning per share berpengaruh terhadap return saham. Namun secara parsial net profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Saran yang dapat peneliti berikan adalah kepada calon investor sebaikanya lebih memperhatikan faktor-faktor fundamental seperti tingkat DER, EPS dan NPM perusahaan perbankan sebelum memutuskan untuk membeli saham melalui Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio, Earning per Share, Net Profit Margin dan Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 21:18
Last Modified: 03 Jul 2012 21:18

Actions (login required)

View Item