Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dengan Keterlibatan Produk Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha Mataram Sakti Jl. Dr. Wahidin no. 63 Semarang

Andri Novianto, 7350507072 (2012) Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dengan Keterlibatan Produk Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha Mataram Sakti Jl. Dr. Wahidin no. 63 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Proses pembelian konsumen dipengaruhi oleh pengetahuan produk yang mereka dapatkan sepanjang pengalaman masa lalu. Sedangkan keterlibatan konsumen dengan produk mempengaruhi motivasi mereka untuk terlibat dalam proses pemecahan masalah melalui keputusan pembelian. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh keterlibatan produk sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara pengetahuan produk dengan proses keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh pengetahuan produk terhadap proses keputusan pembelian konsumen dengan keterlibatan produk sebagai variabel moderasi (studi kasus pada Yamaha Mataram Sakti Jl. dr. Wahidin No. 63 Semarang). Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha di Yamaha Mataram Sakti Jl. Dr. Wahidin no.63 Semarang pada bulan Juli 2010 hingga Juni 2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling dan diperoleh sebanyak 88 konsumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda moderasi. Hasil analisis regresi berganda moderasi menunjukkan persamaan sebagai berikut Y = 48,586 + 1,528X1 + 2,324X2 + 1,020 | X1 – X2 |. Nilai signifikansi untuk pengetahuan produk (X1) sebesar 0.000, keterlibatan produk (X2) sebesar 0.000 dan variabel moderasi sebesar 0.009. Hasil tersebut membuktikan bahwa keterlibatan produk sebagai variabel moderasi dapat memperkuat hubungan antara pengetahuan produk dengan keputusan pembelian. Simpulan penelitian ini adalah pengetahuan produk memiliki pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian dan keterlibatan produk sebagai variabel moderasi berpengaruh terhadap hubungan antara pengetahuan produk dengan keputusan pembelian. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu: 1) produsen Yamaha hendaknya terus berusaha meningkatkan pengetahuan produk konsumennya dengan cara lebih intens lagi dalam mengedukasi pasar terutama untuk varian produk-produk baru. 2) Diharapkan produsen Yamaha terus memperhatikan keterlibatan produknya agar selalu dekat di benak konsumen terutama dalam usahanya mempengaruhi keputusan pembelian calon konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Produk, Keterlibatan Produk, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 21:15
Last Modified: 03 Jul 2012 21:15

Actions (login required)

View Item