Pengaruh Intellectual Capital, Research and Development, dan Biaya Iklan terhadap Return On Equity PT. Telkom Tbk. Divre IV Semarang

Rizal Pradana, 7350407034 (2012) Pengaruh Intellectual Capital, Research and Development, dan Biaya Iklan terhadap Return On Equity PT. Telkom Tbk. Divre IV Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Intellectual capital, research and development, dan biaya iklan memiliki peran kunci dalam upaya melakukan peningkatan nilai di berbagai perusahaan. Begitu pula seperti yang terjadi pada PT. Telkom Tbk. Divre IV Semarang. Hal ini disebabkan adanya kesadaran bahwa ketiga komponen tersebut merupakan landasan bagi perusahaan untuk menjadi lebih kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh intellectual capital, research and development, dan biaya iklan terhadap return on equity PT. Telkom Tbk. Divre IV Semarang baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perbulan PT. Telkom Tbk. Divre IV Semarang dari tahun 2008 – 2010 dan berjumlah 36 laporan keuangan, dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS release 17 Hasil penelitian diperoleh research and development berpengaruh signifikan terhadap ROE. Biaya iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap terhadap ROE. Intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap ROE. Intellectual capital, research and development, dan biaya iklan secara bersama - sama berpengaruh signifikan terhadap ROE. Simpulan penelitian ini adalah. Research and development berpengaruh positif terhadap ROE yang berarti jika Research and development naik maka ROE juga naik, begitu pula sebaliknya. Biaya iklan tidak berpengaruh terhadap ROE yang berart walaupun biaya iklan naik ROE akan tetap, begitu pula sebaliknya. Intellectual capital berpengaruh positif terhadap ROE yang berarti jika Intellectual capital naik maka ROE juga naik, begitu pula sebaiknya. Terdapat pengaruh intellectual capital, research and development, dan biaya iklan yang positif ROE PT. Telkom Tbk. Divre IV baik secara parsial maupun simultan. Apabila intellectual capital, research and development, dan biaya iklan iklan maka ROE juga akan naik, begitu pula sebaliknya. Saran dalam penelitian ini adalah hasil penelitian yang menunjukkan variabel intellectual capital, research and development dan biaya iklan yang signifikan terhadap kinerja keuangan, seharusnya perusahaan lebih mengoptimalkan ketiga variabel ini dalam meningkatkan kinerja perusahaannya dan mengkaji ulang variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Research and Development, Biaya Iklan, Return On Equity
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 21:03
Last Modified: 03 Jul 2012 21:03

Actions (login required)

View Item