Pengaruh Independensi dan Objektivitas Auditor Internal terhadap Judgement Auditor Eksternal pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang

Hilman, 7250407038 (2012) Pengaruh Independensi dan Objektivitas Auditor Internal terhadap Judgement Auditor Eksternal pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Judgement auditor dapat didefinisikan kebijakan auditor dalam menentukan pendapat mengenai hasil auditnya, Dalam memberikan Judgement laporan keuangan auditor eksternal harus melihat sistem pengedalian internal perusahaan terutama seberapa kuat sikap independensi dan objektivitas auditor internal terhadap tekanan dari pihak yang berkepentingan.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh independensi dan objektivitas auditor internal terhadap judgement auditor eksternal. Faktor-faktor dari independensi dan objektivitas auditor internal yang terkait dengan judgement auditor eksternal Sampel yang digunakan sebanyak 30 auditor yang berasal dari 7 KAP di Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling . Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis inner dan outter model dengan bantuan Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel independensi dan objektivitas auditor internal berpengaruh signifikan terhadap judgedment auditor eksternal pada KAP di kota Semarang, namun secara parsial variabel independensi auditor internal lebih berpengaruh secara signifikan terhadap judgement auditor eksternal , sedangkan variabel objektivitas auditor internal berpengaruh signifikan walaupun tidak sebesar variabel independensi auditor internal. Kesimpulan penelitian ini adalah independensi dan objektivitas auditor internal secara simultan dan secara parsial mempunyai pengaruh terhadap terhadap judgedment auditor eksternal pada KAP di kota Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah audit sebaiknya dilakukan oleh auditor yang sudah berpengalaman dan dipandang mempunyai pengetahuan yang memadai. Hal ini dapat dilakukan oleh senior auditor atau partner.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Independensi auditor internal, Objektivitas auditor internal dan Judgement auditor eksternal.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:44
Last Modified: 03 Jul 2012 03:44

Actions (login required)

View Item