Prosedur Penerimaan Dan Pengolahan Surat Pemberitahuan Tahunan Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Gayamsari

Brahmono Sapto. S. S, 7250308036 (2012) Prosedur Penerimaan Dan Pengolahan Surat Pemberitahuan Tahunan Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Gayamsari. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kemajuan suatu negara dapat dilihat dari berbagai sisi, salah satunya adalah dari perkembangan perekonomiannya. Pajak merupakan iuran rakyat kepada negara berdasarkan Undang-Undang (yang dipaksakan) dengan tiada mendapat jasa timbal (kontra–prestasi) yang langsung dapat ditujukan dan digunakan untuk membayar pengeluaran umum. SPT bermasalah akan mengganggu kinerja SPT, untuk itu SPT bermasalah harus diselesaikan. Rumusan masalah yang dihasilkan adalah a). bagaimana prosedur penerimaan dan pengolahan Surat Pemberitahuan Tahunan di KPP Pratama Semarang Gayamsari, b). Kendala-kendala apakah yang menghambat penerimaan dan pengolahan Surat Pemberitahuan Tahunan di KPP Pratama Semarang Gayamsari, c). Langkah-langkah apa yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Gayamsari dalam menghadapi Kendala-kendala tersebut. Lokasi penelitian ini pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Gayamsari. Metode pengumpulan data pada Tugas Akhir ini menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. fokus kajian adalah penggunaan prosedur penerimaan da pengolahan SPT Tahunan di KPP Pratama Semarang Gayamsari, kendala-kendala yang dihadapi dalam prosedur penerimaan da pengolahan, dan langkah-langkah yang diambil di KPP. Pelaksanaan penerimaan dan pengolahan SPT harus sangat diperhatikan karena terjadinya SPT bermasalah bukan hanya bersumber dari WP tetapi juga karena kurang kejelian dari pegawai KPP. Untuk itu prosedur penerimaan dan pengolahan akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran alur SPT serta sebagai penentu langkah penanganan jika terjadi SPT bermasalah. Dalam penanganan SPT bermasalah, pihak KPP melakukan antisipasi guna meminimalisir adanya SPT Tahunan bermasalah. Simpulan yang diperoleh adalah Prosedur Penerimaan dan Pengolahan SPT Tahunan di KPP Pratama Semarang Gayamsari sudah menerapkan prosedur yang ada dari Dirjen Pajak menurut SE-2-2011 tentang Tata Cara Penerimaan dan Pengolahan SPT Tahunan. Kendala-kendala yang menghambat Penerimaan dan Pengolahan SPT Tahunan di KPP Pratama Semarang Gayamsari ternyata masih ada, diantaranya: masih adanya SPT yang bermasalah dan permasalahan dari Aplikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan SPT, Pengolahan SPT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 03:37
Last Modified: 03 Jul 2012 03:37

Actions (login required)

View Item