Kendala-Kendala Guru Geografi Dalam Pembelajaran materi ajar sistem Informasi Geografis (SIG) Di Sma Negeri Kabupaten Pati

Danieka, Mandiraga., 3201405005 (2011) Kendala-Kendala Guru Geografi Dalam Pembelajaran materi ajar sistem Informasi Geografis (SIG) Di Sma Negeri Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Materi Ajar SIG yang merupakan materi baru dalam mata pelajaran Geogrfi karena materi ini masuk dalam kurikulum tahun 2006. Nilai siswa dalam materi SIG di SMA Negeri Kabupaten Pati belum memenuhi KKM (kriteria ketuntasan maksimal). Hal ini dapat dikarenakan oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya (1) Prencanaan pembelajaran guru terkendala, (2) Proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala guru geografi dalam perencanaan dan pelaksananaa proses pembelajaran SIG dan upaya-upaya dalam menghadapi kendala tersebut di SMA Negeri Kabupaten Pati. Populasi di dalam penelitian ini adalah 17 guru. Sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 8 orang, pertimbangan sampel tersebut adalah guru yang mengajar mata pelajaran Geografi, guru mengajar di SMA Negeri se-Kabupaten Pati, guru mengajar materi pelajaran SIG. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mengunakan analisis frekuensi. Metode pengumpulan data adalah observasi dan wawancara guru geografi di SMA Negeri di Kabupaten Pati. Hasil penelitian diperoleh dari persentase kendala-kendala dalam perencanaan pembelajaran, dan proses pelaksanaan pembelajaran SIG yang di buat guru. Kendala guru pada perencanaan pembelajaran SIG adalah dalam kelengkapan instrument penilaian guru mengalami kendala dengan persentase 80%. Selain itu guru dalam perencanaan cukup terkendala pada: kejelasan perumusan tujuan dengan besaran frekuensi 57%, pemilihan materi ajar guru terkendala sebesar 52,5%, pengorganisasian materi ajar guru terkendala dengan frekuensi 55%, kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran 52,5% guru terkendala, dan. Kendala-kendala dalam proses pelaksanaan pembelajaran SIG adalah menggunakan media secara efektif serta efisien dengan persentase sebesar 72,5%. Selain itu guru cukup terkendala pada menunjukan peguasaan materi pebelajaran sebesar 55%, kendala guru melaksanakan pembelajaran secara runtut persentase kendala guru sebesar 52,5%, dalam melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual terkendala sebesar 62,5%, kendala dalam memantau kemajuan belajar selama proses guru terkendala sebesar 65%, melakukan penilaian akhir guru terkendala sebesar 52,5%, dalam melakukan kegiatan refleksi guru mengalami kendala dengan persentase sebesar 55%. Kesimpulan dalam proses perencanaan pembelajaran kendala guru pada kelengkapan instrumen penilaian, dan kendala guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran SIG, guru mengalami kendala pada penggunaan media pembelajaran secara efektif dan efisien. Peneliti menyarankan perlu adanya koordinasi secara berkesinambungan antara guru geografi dengan kepala sekolah dan dinas pendidikan dalam penyelenggaraan pelaksanaan pembelajaran dan penyediaan sarana dan prasarana belajar materi SIG. Sehingga bisa membatu guru untuk melakukan pembelajaran secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal, dan mengharap MGMP berperan aktif untuk melakukan diskusi tentang pembelajarann materi SIG dalam upaya meminimalisasi kendala-kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran materi SIG.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SIG, kendala-kendala
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 02:43
Last Modified: 03 Jul 2012 02:43

Actions (login required)

View Item