Analisis tunggakan angsuran dana bergulir bagi industri kecil dan petani garam pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah

Yusuf Affandy, 7250308021 (2012) Analisis tunggakan angsuran dana bergulir bagi industri kecil dan petani garam pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah merupakan suatu instansi pemerintah yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Semarang yang memiliki sub-sub bagian yang melakukan tugasnya sesuai dengan fungsinya masing-masing. Salah satu sub bagian yang ada di DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah adalah sub bagian dana bergulir. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses penyaluran dan pengembalian pinjaman modal dana bergulir di DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah? Bagaimana perlakuan tunggakan pinjaman modal dana bergulir di DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah? Bagaimana upaya penarikan tunggakan yang dilakukan oleh bagian dana bergulir di DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah? Dokumen apa saja yang mendukung proses pengembalian dana bergulir pada DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah? Serta, Catatan akuntansi apa saja yang digunakan dalam prosedur penyaluran dan pengembalian pinjaman dana bergulir pada DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah? Metode pengumpulan data pada tugas akhir ini menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yaitu analisis yang tidak didasarkan pada perhitungan statistik yang berbentuk kuantitatif (jumlah) akan tetapi dalam bentuk pernyataan dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan tunggakan angsuran dana bergulir yaitu tunggakan dalam waktu jatuh tempo (masa peminjaman), tunggakan melebihi waktu jatuh tempo peminjaman, dan tunggakan dipercepat. Upaya penarikan tunggakan yang dilakukan oleh bagian dana bergulir antara lain aktif menagih piutang baik melalui surat peringatan maupun menagih secara langsung melalui tim pendamping kabupaten/kota, peringatan secara lisan atau tertulis oleh tim provinsi, memberikan peringatan secara tertulis dalam bentuk surat tagihan, dan pemberitahuan secara tertulis dari DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah kepada badan pertanahan kabupaten/kota. Dokumen yang digunakan oleh DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah yaitu bukti setoran pinjaman BPR BKK, bukti penerimaan umum BPR BKK, slip setoran Bank Jateng, laporan perkembangan dana bergulir (laporan angsuran pinjaman), laporan perkembangan dana bergulir (laporan setoran BPR BKK ke Bank Jateng), laporan perkembangan dana bergulir (laporan angsuran pinjaman), dan laporan perkembangan dana bergulir (laporan setoran BPR BKK). Catatan akuntansi yang digunakan oleh DINPERINDAG Provinsi Jawa Tengah berupa kitir pinjaman (KR. 05) BPR BKK, dan kartu angsuran pinjaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tunggakan Angsuran, Dana Bergulir
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2012 02:22
Last Modified: 03 Jul 2012 02:22

Actions (login required)

View Item