Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Yunia Roslinawati , 3352405017 (2011) Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi tergantung pada kinerja sumber daya manusia. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi terhadap kinerja pegawai baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 140 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin maka diperoleh sampel penelitian berjumlah 58 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, data yang diperoleh dari penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kuantitatif, metode analisis deskriptif, dan metode koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh persamaan regresi berganda Y = -53,141 + 0,602X1 + 0,598X2 + 1,408X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh = 39,520 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti secara simultan ada pengaruh positif antara kepemimpinan, komitmen organisasi dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Hasil uji secara parsial variabel kepemimpinan diperoleh t = 3,925 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, untuk variabel komitmen organisasi diperoleh t = 2,122 dengan nilai signifikansi 0, 038 < 0,05 dan variabel motivasi diperoleh t = 5,951 nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya koefisien pengaruh secara simultan antara kepemimpinan, komitmen organisasi dan motivasi adalah 67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan, komitmen organisasi, dan motivasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah perlunya Dinas Koperasi dan UMKM meningkatkan kinerja pegawai yang masih kurang. Berbagai tindakan dapat diupayakan seperti mensosialisasikan peraturan yang berlaku kepada pegawai, mengadakan evaluasi pekerjaan dan pelatihan/pendidikan secara berkala, serta lebih tegas dalam pemberian sanksi atas pelanggaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Motivasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Jun 2012 20:45
Last Modified: 26 Jun 2012 20:45

Actions (login required)

View Item