Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, dan Pelayanan Koperasi Terhadap Partisipasi KPRI “Bhakti Praja” Provinsi Jawa Tengah

Kemal Budi Mulyono, , 3301405140 (2009) Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, dan Pelayanan Koperasi Terhadap Partisipasi KPRI “Bhakti Praja” Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Di Kota Semarang terdapat koperasi fungsional yang sampai saat ini telah memiliki banyak prestasi yang salah satunya adalah KPRI “Bhakti Praja”. Secara umum perkembangan KPRI “Bhakti Praja” sangat baik. Meskipun demikian, tetap terdapat masalah yang harus segera diselesaikan. Masalah tersebut adalah menurunnya jumlah pemanfaatan kredit usaha toko yang merupakan wujud partisipasi anggota dalam pemanfaatan usaha koperasi yang terus menurun pada tiga tahun terakhir. Kondisi tersebut membutuhkan kemampuan manajerial pengurus yang baik dan pelayan koperasi yang berkualitas sehingga dapat mencapai partisipasi anggota koperasi yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskrispsikan kemampuan manajerial pengurus, pelayanan dan partisipasi anggota KPRI ”Bhakti Praja” (2) Menganalisis kemampuan manajerial pengurus, pelayanan dan partisipasi anggota KPRI ”Bhakti Praja”. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh anggota KPRI ”Bhakti Praja” yang berjumlah 4887 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik systematic random sampling dan berjumlah 100 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan manajerial pengurus, pelayanan koperasi sedangkan variabel terikatnya adalah partisipasi anggota koperasi. Berdasarkan analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh kemampuan manajerial pengurus dan pelayanan kualitas koperasi terhadap partisipasi anggota KPRI ”Bhakti Praja” baik secara parsial maupun simultan dibuktikan dari uji F dan uji t yang memperoleh signifikasi di bawah 0,05. Kemampuan manajerial pengurus dan pelayanan koperasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap partisipasi anggota KPRI ”Bhakti Praja” sebesar 56,6% sedangkan 43,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah dengan cara (1) Meningkatkan frekuensi sosialisasi program – program koperasi secara berlanjut dan komperhensif serta meningkatkan mitra usaha dengan anggota sebagai upaya peningkatan partisipasi anggota. KPRI ”Bhakti Praja” (2) Menjaga kualitas pelayanan dengan cara memperhatikan sarana koperasi dengan melakukan perbaikan dan perawatan sarana koperasi (3) Perlu adanya kesadaran dari anggota untuk ikut berpartisipasi terutama didalam hal mencermati mengenai perkembangan koperasi diseluruh bidang yang ada dikoperasi dan berani untuk menyatakan pendapat tentang pelayanan ataupun perilaku dari pengurus KPRI ”Bhakti Praja”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial Pengurus, Pelayanan Koperasi, Partisipasi Anggota.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Jun 2012 03:16
Last Modified: 26 Jun 2012 03:16

Actions (login required)

View Item