Pengaruh Penyajian dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah

Anies Iqbal Mustofa., 7250407018 (2012) Pengaruh Penyajian dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pengaruh Penyajian dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah) - Published Version
Download (293Kb)

    Abstract

    Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh penyajian laporan keuangan daerah dan aksesibilitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah oleh para pengguna Laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan komponen penting yang harus diungkapkan oleh pernerintah daerah sejak otonomi daerah mulai diberlakukan oleh pemerintah pusat. Sudah menjadi konsekuensi jika laporan keuangan tersebut harus dilaporkan secara terbuka dan aksesibel bagi para pengguna informasi karena laporan keuangan itu merupakan refleksi dari komitmen pemerintah daerah untuk menjalankan mandat dari masyarakat dan mewujudkan good governance di pemerintahan daerah itu sendiri . Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna eksternal laporan keuangan di Kabupaten Pemalang dengan metode pengumpulan data melalui survey kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunan metode purposive sampling, kemudian ditentukan sampel sebanyak 100 responden dari pengguna eksternal laporan keuangan yang meliputi DPRD, LSM, Pembayar pajak, dan masyarakat. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis pada penelitian ini berupa beberapa uji statistik. Hasil dari pengujian hipotesis di dalarn penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan daerah berpengaruh signifikan secara positif terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. serta penyajian laporan keuangan daerah dan aksesibilitas laporan keuangan secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Simpulan dari penelitian ini yaitu, penyajian laporan keuangan daerah berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Saran yang bisa diberikan adalah� untuk meningkatkan penyajian laporan keuangan secara lengkap serta lebih melonggarkan akses laporan keuangan tersebut kepada publik, sehingga bisa tercipta sebuah akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penyajian laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan,
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 21:02
    Last Modified: 04 Jun 2012 21:02

    Actions (login required)

    View Item