Tingkat Kecukupan Modal, Pengaruh Kredit Bermasalah, Rentabilitas, Tingkat Likuiditas, Terhadap Pertumbuhan laba dengan variabel Jumlah karyawan sebagai variabel Moderating.

Febrian Mega Aditama, 7250407010 (2012) Tingkat Kecukupan Modal, Pengaruh Kredit Bermasalah, Rentabilitas, Tingkat Likuiditas, Terhadap Pertumbuhan laba dengan variabel Jumlah karyawan sebagai variabel Moderating. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Tingkat Kecukupan Modal, Pengaruh Kredit Bermasalah, Rentabilitas, Tingkat Likuiditas, Terhadap Pertumbuhan laba dengan variabel Jumlah karyawan sebagai variabel Moderating.) - Published Version
Download (255Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh permodalan bank CAR atau tingkat kecukupan modal, NPL dalam hal ini adalah kredit bermasalah, ROA atau Rentabilitas, LDR merupakan ukuran likuiditas dan Jumlah karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 bank yang terdaftar di Bank Indonesia, dengan aspek yang diteliti yaitu rasio keuangan per tahun selama tiga tahun yaitu, tahun 2008-2010. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dan dari 30 bank yang memenuhi kriteria sebanyak 17 bank. Variabel penelitian ada lima yaitu CAR, NPL, ROA, LDR, dan Jumlah Karyawan sebagai variabel bebas dan Pertumbuhan Laba sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara CAR, NPL, ROA LDR, dan Jumlah karyawan terhadap Pertumbuhan laba. Secara parsial hanya rasio NPL dan Jumlah Karyawan yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan laba pada perbankan karena selama tahun 2008- 2010, Sedangkan tiga rasio lain yaitu, CAR, ROA, LDR berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Dari persamaan regresi berganda dapat diketahui adanya pengaruh besarnya CAR, LDR dan Jumlah Karyawan yang sifatnya positif dan besar NPL dan ROA yang sifatnya negatif. Besar sumbangan yang CAR, NPL, ROA, LDR dan jumlah karyawan terhadap Pertumbuhan Laba adalah sebesar 26% dan sisanya 74% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan dari penelitian ini adalah secara simultan, CAR, NPL, ROA, LDR, dan Jumlah karyawan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba. Saran yang dapat diberikan yaitu dilakukan penelitian lanjutan yang sejenis dengan penelitian ini dengan cara memperluas sampel penelitian, data penelitian, maupun kedalaman analisisnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Return on Assets ,Loan to Deposit Ratio, profit growth.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 20:57
    Last Modified: 04 Jun 2012 20:57

    Actions (login required)

    View Item