Pengaruh Akuntabilitas Publik, Partisipasi Penyusunan Anggaran, dan Transparansi Kebijakan Publik terhadap Kinerja Manajerial pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Wonosobo

Fakih Sabdanala Aji, , 7250407009 (2011) Pengaruh Akuntabilitas Publik, Partisipasi Penyusunan Anggaran, dan Transparansi Kebijakan Publik terhadap Kinerja Manajerial pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Wonosobo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Akuntabilitas Publik, Partisipasi Penyusunan Anggaran, dan Transparansi Kebijakan Publik terhadap Kinerja Manajerial pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Wonosobo) - Published Version
Download (912Kb)

    Abstract

    Kinerja manajerial adalah hasil secara periodik operasional suatu manajer berdasarkan sasaran, standar, dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Kinerja manajerial yang baik akan menjadikan pengelolaan pemerintahan yang baik pula (good governance). Dalam rangka mengantisipasi pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan daerah, maka Kabupaten Wonosobo telah membentuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). SKPD ini menyusun, menggunakan dan melaporkan realisasi anggaran atau sebagai pelaksana anggaran dari pemerintah daerah. Berdasarkan latar belakang, terdapat permasalahan mengenai pelaksanaan anggaran tersebut pada salah satu urusan pemerintahan daerah yaitu urusan perencanaan pembangunan SKPD Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas publik, partisipasi penyusunan anggaran, dan transparansi kebijakan publik terhadap kinerja manajerial pada SKPD se-Kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SKPD se-Kabupaten Wonosobo yaitu sebanyak 35 SKPD. Subjek penelitian ini adalah kepala/pimpinan/pejabat masing-masing SKPD. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier Ŷ = -1,028 + 0,561X1 + 0,532X2 + 0,540X3 + e^ . Besarnya pengaruh akuntabilitas publik, partisipasi penyusunan anggaran, dan transparansi kebijakan publik terhadap kinerja manajerial secara simultan adalah sebesar 77,6%. Kemudian besarnya pengaruh secara parsial untuk akuntabilitas publik adalah sebesar 26,94%, partisipasi penyusunan anggaran adalah sebesar 40,45%, dan transparansi kebijakan publik adalah sebesar 21,62%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah akuntabilitas publik, partisipasi penyusunan anggaran, dan transparansi kebijakan publik berpengaruh positif signifikan secara simultan maupun parsial terhadap kinerja manajerial. Saran yang dapat diberikan adalah meningkatkan partisipasi masyarakat serta keterbukaan informasi untuk meningkatkan transparansi kebijakan publik, yaitu salah satunya dengan cara penggunaan teknologi yang mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi atau dengan kata lain electronic government (eGovernment).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kinerja Manajerial, Akuntabilitas Publik, Partisipasi Penyusunan Anggaran, Transparansi Kebijakan Publik.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 20:54
    Last Modified: 04 Jun 2012 20:54

    Actions (login required)

    View Item