Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen dan Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility terhadap Nilai Peusahaan (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Astri Oktawiana, 7250407002 (2012) Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen dan Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility terhadap Nilai Peusahaan (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen dan Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility terhadap Nilai Peusahaan (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)) - Published Version
Download (226Kb)

    Abstract

    Nilai Peusahaan Nilai perusahaan yang tinggi dengan asumsi bahwa pemilik perusahaan atau pemegang saham akan makmur jika kekayaannya meningkat. Meningkatnya nilai perusahaan dapat dilihat dari semakin meningkatnya harga saham. Namun pada kenyataannya banyak perusahaan-perusahaan yang mengalami penurunan harga saham. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dan penulis tertarik melakukan penelitian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2010. Peneliti menetapkan sampel secara purposif sampling dan diperoleh banyaknya sampel 36 perusahaan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari nilai perusahaan sebagai variabel terikat dan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris indepen dan pengungkapan corporate sosial responsibility sebagai variabel bebas. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi: Y= 0,249 - 0,074X1 + 0,002X2 + 0,005X3 + 1,708X4. Uji simultan dengan uji F diperoleh signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 yang berrati secara bersama-sama (simultan) variabel - variabel dependen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil uji parsial dengan uji t diperoleh nilai signifikansi untuk variabel kepemilikan manajerial (X1) sebesar 0,004 < 0,05, untuk variabel kepemilikan institusional (X2) sebesar 0,691 > 0,05, untuk variabel dewan komisaris independen (X3) sebesar 0,437 > 0,05 dan untuk Corporate Social Responsibility (X4) sebesar 0,015 < 0,05. Dengan demikian variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan adalah variabel kepemilikan manejerial dan variabel Corporate Social Responsibility. Mengacu dari hasil penelitian, penulis mengajukan saran : 1) Dalam penelitian ini, daftar item Corporate Social Responsibility menggunakan item pengungkapan tanggung jawab sosial yang terdiri dari tema kemasyarakatan, produk dan konsumen, ketenagakerjaaan, dan lingkungan hidup. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah item pengungkapan tanggung jawab sosial menyesuaikan kondisi yang ada dimasyarakat, 2) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak dan waktu yang lebih lama agar diperoleh hasil yang lebih akurat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility,
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 20:43
    Last Modified: 04 Jun 2012 20:43

    Actions (login required)

    View Item