Pengaruh Efisiensi Operasional, Likuiditas, Struktur Modal, dan Ukuran (Size) terhadap Rentabilitas PD. BPR-BKK Pati Kota Tahun 2008-2010.

Syaifurrochman, 7250406569 (2012) Pengaruh Efisiensi Operasional, Likuiditas, Struktur Modal, dan Ukuran (Size) terhadap Rentabilitas PD. BPR-BKK Pati Kota Tahun 2008-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Efisiensi Operasional, Likuiditas, Struktur Modal, dan Ukuran (Size) terhadap Rentabilitas PD. BPR-BKK Pati Kota Tahun 2008-2010.) - Published Version
Download (236Kb)

    Abstract

    Ukuran (size) dan Rentabilitas Rentabilitas bank merupakan suatu kemampuan bank untuk memperoleh laba yang dinyatakan dalam persentase. Rentabilitas dapat dinilai dengan Return On Asset (ROA). Beberapa faktor yang diduga berpengaruh terhadap rentabilitas antara lain efisiensi operasional, likuiditas, struktur modal, dan ukuran (size). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah efisiensi operasional, likuiditas, struktur modal, dan ukuran (size) berpengaruh terhadap rentabilitas PD. BPR BKK Kota Pati. Populasi dari penelitian ini adalah PD. BPR BKK Pati Kota yang memiliki 19 cabang dan 1 kantor pusat operasional. Unit analisis adalah laporan keuangan selama tiga tahun yaitu tahun 2008, 2009 dan tahun 2010. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu efisiensi operasional, likuiditas, struktur modal, dan ukuran (size) berpengaruh terhadap rentabilitas. Jenis data yang digunakan adalah data dokumentasi dari BPR BKK Kota Pati, sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel efisiensi operasional, likuiditas, struktur modal dan ukuran (size) berpengaruh terhadap rentabilitas sebesar 97,3% sedangkan sisanya sebesar 2,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Secara parsial, struktur modal berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas sedangkan efisiensi operasional, likuiditas dan ukuran (size) tidak berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah struktur modal berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas sedangkan efisiensi operasional, likuiditas dan ukuran (size) tidak berpengaruh terhadap rentabilitas. Saran yang dapat diberikan penulis adalah hendaknya memperbaiki kinerja agar kondisi keuangan PD BPR-BKK Pati kota membaik dengan cara meningkatkan rentabilitas, dengan cara dapat menekan biaya operasioal, selektif dalam pemberian kredit, menjaga tingkat likuiditas agar tidak terlalu tinggi dan memanfaatkan aktiva yang tidak produktif dan mengungkap faktor-faktor lain yang mempengaruhi rentabilitas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Efisiensi Operasional, Likuiditas, Struktur Modal,
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 20:39
    Last Modified: 04 Jun 2012 20:39

    Actions (login required)

    View Item