Profil Pekerja Seks Komersial Terselubung (Study kasus di Non Lokalisasi Wuni Desa Tenggulangharjo Kecamatan Subah Kabupaten Batang)

Heni Sulistyowati, 1201407014 (2011) Profil Pekerja Seks Komersial Terselubung (Study kasus di Non Lokalisasi Wuni Desa Tenggulangharjo Kecamatan Subah Kabupaten Batang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan maraknya praktek portitusi sekarang ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah profil kehidupan Pekerja Seks Komersial di Non Lokalisasi Wuni? (2) Bagaimanakah tanggapan masyarakat sekitar tentang keberadaan praktek portitusi terselubung di Non Lokalisasi Wuni? (3) Faktor apa sajakah yang mendukung keberadaan Non Lokalisasi Wuni? . Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan profil kehidupan Pekerja Seks Komersial di Non Lokalisasi Wuni? (2) Mendeskripsikan tanggapan masyarakat sekitar tentang keberadaan praktek portitusi terselubung di Non Lokalisasi Wuni? (3) Mendeskripsikan faktor yang mendukung keberadaan Non Lokalisasi Wuni? . Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 5 pekerja seks komersial, 5 kerabat/tetangga dan 1 guru. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model analisis interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab menjadi seorang PSK yaitu alasan ekonomi yang tidak tercukupi dan adanya masalah sosial yang diajak oleh teman, keluarga dan lingkungan sekitar. Namun dari penyebab yang paling dominan adalah masalah ekonomi karena menjadi tulang punggung keluarga, menjadi orangtua tunggal bagi anaknya, suami yang tidak bekerja (pengangguran) yang memaksa istrinya mencari uang dengan cara instan yaitu sebagai wanita penghibur. Hal ini terjadi karena di Desa Tenggulangharjo terdapat non lokalisasi yang membuat sebagian masyarakat berfikir untuk mengadu nasib dan mendapatkan uang dengan cara yang mudah. Dengan harapan perekonomian keluarga akan meningkat menjadi lebih baik. Simpulan dari penelitian ini adalah Faktor yang mendukung keberadaan Non Lokalisasi Wuni desa Tenggulangharjo kecamatan Subah kabupaten Batang yaitu letak Non Lokalisasi Wuni yang berada di pinggir jalan pantura yang menghubungkan dengan kota-kota besar di Indonesia. Tatapi berada di tengah pemukiman warga sehingga sedikit mengganggu. PSK yang ada di Non Lokalisasi Wuni meupakan perempuan yang sudah memiliki anak dan menjadi tulang punggung keluarga. Hendaknya suatu saat nanti PSK berhenti dari profesinya dan mencari pekerjaan yang lebih layak dan halal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profil, Pekerja Seks Komersial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 18:31
Last Modified: 04 Jun 2012 18:31

Actions (login required)

View Item