Pengetahuan Tentang SMK3 dan Perilaku Berisiko (AtRisk Behavior) Dikaitkan dengan Kejadian Kecelakaan Kerja (Studi Kasus di PT. Pertamina (Persero) UPMS IV Instalasi Pengapon),

Maharani Perdini, 6450407111 (2012) Pengetahuan Tentang SMK3 dan Perilaku Berisiko (AtRisk Behavior) Dikaitkan dengan Kejadian Kecelakaan Kerja (Studi Kasus di PT. Pertamina (Persero) UPMS IV Instalasi Pengapon),. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengetahuan Tentang SMK3 dan Perilaku Berisiko (AtRisk Behavior) Dikaitkan dengan Kejadian Kecelakaan Kerja (Studi Kasus di PT. Pertamina (Persero) UPMS IV Instalasi Pengapon),) - Published Version
Download (173Kb)

    Abstract

    Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) PER. 05/MEN/1996 adalah suatu standar nasional untuk Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai pengetahuan SMK3 dan menganalisis perilaku berisiko (AtRisk Behavior) pada pekerja PT. Pertamina (Persero) Instalasi Pengapon Semarang yang mengalami kecelakaan kerja Tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripif, menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan oleh penulis dengan teknik wawancara narasumber yaitu pekerja yang mengalami kecelakaan kerja Tahun 2011 berjumlah 3 orang serta mempelajari dokumendokumen tertulis baik literature maupun peraturan perundangundangan. Kesimpulan dari penelitian ini kecelakaan kerja yang terjadi umumnya disebabkan karena kecerobohan pekerja dalam bekerja dengan tingkat pengetahuan pada taraf “Tahu” dengan perilaku berisiko (AtRisk Behavior) masih sering terjadi. Hal ini dikarenakan perceived risk pekerja rendah, the power of choice, familiarty breeds complacency, acceptable consequences, dan lainlain. Saran yang diberikan kepada pihak perusahaan yaitu meningkatkan pengetahuan pekerja tentang SMK3 dan bahaya yang ada ditempat kerja serta pengadaan dan peningkatan upayaupaya peningkatan perilaku kerja yang aman seperti pengadaan pelatihan keselamatan, peraturan yang disertakan pengawasan dan didukung dengan konsekuensi positif maupun negatif, dan pembuatan poster/sign keselamatan melibatkan pekerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku Berisiko, Kecelakaan Kerja, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 04:23
    Last Modified: 04 Jun 2012 04:23

    Actions (login required)

    View Item