Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu (Studi di Kelurahan Cabawan Wilayah Kerja Puskesmas Margadana Kota Tegal Tahun 2011).

Tri Wardani Agustianingrum, 6450405158 (2012) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu (Studi di Kelurahan Cabawan Wilayah Kerja Puskesmas Margadana Kota Tegal Tahun 2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu (Studi di Kelurahan Cabawan Wilayah Kerja Puskesmas Margadana Kota Tegal Tahun 2011).) - Published Version
Download (155Kb)

    Abstract

    Posyandu merupakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Kunjungan ibu balita ke posyandu di Kelurahan Cabawan mencapai 78,9% tahun 2010. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kunjungan ibu balita ke posyandu di Kelurahan Cabawan wilayah kerja Puskesmas Margadana Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki balita yang terdaftar dalam buku register tahun 2011 yang berjumlah 280 balita. Sampel berjumlah 54 ibu balita. Teknik pengambilan sampel dengan cara proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square dengan derajat kemaknaan (α) = 0,05. Hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu (p = 0,001), tingkat pengetahuan ibu (p = 0,001), sikap ibu (p = 0,001), jumlah anak (p = 0,015), status pekerjaan ibu (p = 0,001), dukungan petugas kesehatan (p = 0,001) dengan kunjungan ibu balita ke posyandu, dan tidak ada hubungan antara pendapatan keluarga (p = 0,346), ketersediaan fasilitas (p = 0,263), dukungan kader posyandu (p = 0,535) dengan kunjungan ibu balita ke posyandu. Saran yang dapat disampaikan untuk ibu balita yaitu diharapkan ibu balita aktif untuk hadir ke posyandu setiap 1 (satu) bulan sekali. Bagi kader, harus lebih meningkatkan pendekatan secara individu kepada ibu balita mengenai arti pentingnya posyandu bagi balita. Bagi petugas kesehatan, lebih meningkatkan pengetahuan ibu balita melalui penyuluhan tentang posyandu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kunjungan, Ibu Balita, Posyandu.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 Jun 2012 19:40
    Last Modified: 03 Jun 2012 19:40

    Actions (login required)

    View Item