Pemanfaatan Macromedia Flash pada Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel melalui Metode Group Investigation di SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati.

Rita Wahyu.Purwaningrum, , 4401406579 (2012) Pemanfaatan Macromedia Flash pada Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel melalui Metode Group Investigation di SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pemanfaatan Macromedia Flash pada Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Sel melalui Metode Group Investigation di SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati.) - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Metode pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa serta melatih siswa untuk bekerjasama dan berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran adalah Group Investigation. Sementara itu, media pembelajaran dengan pemanfaatan macromedia flash dapat menampilkan materi secara lebih menarik, meningkatkan perhatian siswa dan memudahkan siswa memahami materi. Observasi awal diketahui bahwa kemampuan siswa dan guru di SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati dalam mengoperasikan komputer cukup baik serta sudah tersedia laboratorium komputer dan LCD tapi belum digunakan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan macromedia flash pada pembelajaran materi struktur dan fungsi sel melalui metode Group Investigation dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012,yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, dan XI IPA4, sampel diambil dua kelas dengan metode purposive sampling yaitu kelas XI IPA2 dan XI IPA3. Data hasil belajar siswa diambil dari nilai tugas, LDS dan tes evaluasi. Data aktivitas siswa dan kinerja guru diambil dengan menggunakan lembar observasi, tanggapan siswa diambil dengan angket, dan tanggapan guru dengan lembar wawancara. Penelitian dikatakan berhasil apabila 75% aktivitas siswa pada proses pembelajaran pada kriteria aktif dan ≥ 75 % siswa mendapatkan nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas XI IPA 2 pada pertemuan I sebesar 80% (aktif), pada pertemuan II sebesar 78% (aktif) dan untuk kelas XI IPA 3 pada pertemuan I sebesar 84% (sangat aktif), pada pertemuan II sebesar 81% (sangat aktif), dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPA2 sebesar 80,90 dan untuk kelas XI IPA3 sebesar 77,48. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan macromedia flash pada pembelajaran materi struktur dan fungsi sel melalui metode Group Investigation dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Macromedia flash, Struktur dan Fungsi Sel.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 27 May 2012 20:56
    Last Modified: 27 May 2012 20:56

    Actions (login required)

    View Item