Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Pada Pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Geografi Materi Pokok Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Semester Gasal di SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012.

Atik Lesvita, 3201407018 (2012) Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Pada Pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Geografi Materi Pokok Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Semester Gasal di SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Pada Pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Geografi Materi Pokok Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Semester Gasal di SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (112Kb)

    Abstract

    Dalam proses belajar mengajar peran guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membantu peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Salah satu alternatif yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran yang disampaikan yakni dengan menggunakan media pembelajaran seperti penggunaan media PowerPoint. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan penggunaanmedia PowerPoint pada pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Geografi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2011/2012.Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penggunaanpenggunaanmedia PowerPoint pada pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Geografiterhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2011/2012. Dengan hipotesis penelitianPenggunaan media PowerPoint efektif daripada proses pembelajaran yang tanpa menggunakan media PowerPoint terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Kompetensi Dasar Geografi materi pokok Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk di SMP Negeri 2 Tengaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 2 Tengaran dengan jumlah sebanyak 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sebagai sampel diambil satu kelas, yaitu kelas VIII H sebagai objekpenelitian. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu variabel penggunaan media PowerPointdan hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan the one group pre test - post test design. Alat pengumpul data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran pada kelas VIII H diperoleh hasil pengamatan kinerja guru pada pertemuan I 60.71% (cukup baik), II 76.78% (baik) dan pada pertemuan III 83.92% (baik). Hal ini menunjukkan kinerja guru setiap pertemuan mengalami peningkatan. Sedangkan untuk sikap dan keterampilan siswa pada pertemuan I untuk sikap 51% dan keterampilan 58% (cukup baik), pada pertemuan II untuk sikap 56% dan keterampilan 62% (cukup baik) dan pada pertemuan III untuk sikap 70% dan keterampilan 75% (baik). Hal ini juga menunjukkan aktifitas siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Untuk hasil belajar siswa pre test dan post test, diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 66.28 dan rata-rata nilai post test sebesar 79.59. Berdasakan hasil belajar tersebut efektifitas penggunaan media PowerPoint pada pembelajaran IPS kompetensi dasar Geografi dapat diketahui dari uji t yang menghasilkan thitung >ttabel yaitu 15.06 > 1.99 dengan dk = 34 yang berarti bahwa ada peningkatan hasil belajar antara hasil belajarPre Test dan Post Test. Dengan demikian pelaksanaan penggunaan media PowerPoint pada pembelajaran IPS kompetensi dasar Geografi efektif terhadap hasil belajar geografi materi pokok Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk. Jadi hipotesis penelitian diterima. Simpulan dari penelitian ini adalahpenggunaan media PowerPoint pada pembelajaran IPS kompetensi dasar Geografi efektif daripada yang tidak menggunakan media PowerPoint. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalaha) Guru IPS untuk menggunakan media pembelajaranPowerPointsebagai alternatif dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih termotivasi serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. b) Sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana (LCD, laptop, komputer) pada masing-masing kelas agar proses pembelajaran berjalan efektif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, powerpoint
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2012 23:59
    Last Modified: 22 May 2012 23:59

    Actions (login required)

    View Item