Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Data Monografi Untuk Perkembangan Kota Pada Siswa SMA Negeri 1 Tayu Melalui Metode Problem Based Intruction (PBI).

Dwi Probo Retno., 3201407013 (2011) Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Data Monografi Untuk Perkembangan Kota Pada Siswa SMA Negeri 1 Tayu Melalui Metode Problem Based Intruction (PBI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Data Monografi Untuk Perkembangan Kota Pada Siswa SMA Negeri 1 Tayu Melalui Metode Problem Based Intruction (PBI).) - Published Version
Download (118Kb)

    Abstract

    Pembelajaran dibutuhkan berbagai kemampuan. Kemampuan ini meliputi beberapa aspek psikis, misalnya pengamatan, perhatian, ingatan, daya pikir, dan fantasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tayu dalam menganalisis data monografi untuk perkembangan kota dan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dipergunakan dalam materi data monografi untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI adalah proses pembelajaran yang titik awal pembelajaran berdasarkan masalah dalam kehidupan nyata lalu dari masalah ini siswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka proses sebelumnya, sehingga akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dan postest yang telah diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah populasi adalah 148 siswa dengan sampel 36 siswa. Sampel diambil dengan cara teknik acak atau random sampling. Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, angket/kuesioner dan test. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari dua tahap yaitu tahap awal adalah uji homogenitas dan tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, uji peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian di SMA Negeri 1 Tayu menunjukan bahwa kemampuan siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) lebih baik dari kemampuan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi. Hal ini terjadi karena pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran PBI setiap siswa aktif dalam mengikuti pelajaran. Mereka aktif untuk mencari informasi dari sumber lain, baik dari buku reverensi lain, internet maupun dari sesama teman. Sebaliknya pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi kebanyakan siswa tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas. Siswa tidak ada siswa yang bertanya tentang materi yang sudah disampaikan guru walaupun sudah diberi kesempatan untuk bertanya. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan metode pembelajaran PBI mampu meningkatkan kemampuan siswa yang berupa hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tayu. Saran guru harus mampu mengkondisikan siswa saat penerapan PBI berlangsung.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Menganalisis Data Monografi, Metode Problem Based Intruction (PBI).
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2012 23:48
    Last Modified: 22 May 2012 23:48

    Actions (login required)

    View Item