Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Mind Map Dan Konvensional Untuk Materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA N 1 Pegandon Kendal

Sanju, Ferana., 3201406571 (2010) Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Mind Map Dan Konvensional Untuk Materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA N 1 Pegandon Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Mind Map Dan Konvensional Untuk Materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA N 1 Pegandon Kendal) - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    Kegiatan belajar mengajar geografi sering sekali menggunakan model berupa ceramah dan tanya jawab. Model pembelajaran yang efektif sangat di perlukan dalam pembelajaran . Model mind map merupakan pilihan yang tepat untuk pelajaran geografi. Mind map diharapkan bisa melengkapi model konvensional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran mind map dan model konvensional pada pokok bahasan lingkungan hidup?. Penelitian ini bertujuan. (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran mind map dan model konvensional pada pokok bahasan lingkungan hidup, (2) untuk mengetahui Apakah penggunaan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi siswa SMA N 1 Pegandon. Sampel kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4. Variabel adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran mind map dan konvensional pada pokok bahasan lingkungan hidup. Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes yang sudah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda soal telebih dahulu. Hasil penelitian kelas eksperimen memliki rata-rata 73,32, nilai tertinggi 90,00 dan 56,92 nilai terendah. kelas kontrol memiki rata-rata 66,32, nilai tertinggi 80,00 dan 45,00 nilai terendah. Kelas kontrol dan eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar. Hasil uji perbedaan dua rata-rata thitung pada kondisi awal sebesar -0,075 lebih kecil dari ttabel 1,67, hasil uji perbedaan dua rata-rata thitung akhir sebesar 3,826 lebih besar dari pada ttabel dengan nilai 1,67 pada taraf signifikan 0,05. Perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Kesimpulan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran mind map dengan siswa yang diajar dengan model konvensional pada pokok bahasan lingkuangan hidup.Model pembelajaran mind map ternyata memberikan hasil belajar lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Saran diberikan kepada siswa untuk lebih sering memanfaatkan secara maksimal penggunaan mind map. Dengan menggunakan kata kunci, gambar, atau tanda tanda lain yang memudahkan siswa untuk merangsang ingatan. kepada guru mata pelajaran geografi untuk lebih sering memanfaatkan secara maksimal mind map dalam pembelajaran agar siswa termotivasi serta memperoleh pengalaman yang konkret atau nyata sehingga daya ingat juga akan bertambah

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Mind map, Hasil belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2012 22:03
    Last Modified: 22 May 2012 22:03

    Actions (login required)

    View Item