Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Bola Voli Mini dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Doplang 1 Kecamatan Jati Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012

Pujianto, 2012 (2012) Pembelajaran Penjasorkes Melalui Pendekatan Bola Voli Mini dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Doplang 1 Kecamatan Jati Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan pernelitian ini adalah: Apakah pembelajaran pembelajaran penjasorkes melalui pendekatan bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Doplang 1 Kecamatan Jati Kabupaten Blora tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjasorkes melalui pendekatan bola voli mini pada siswa kelas V Sekolah Dasar Doplang 1 Kecamatan Jati Kabupaten Blora tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 37 siswa. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2012 bertempat di Sekolah Dasar Doplang 1 Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus persentase. Hasil penilaian penelitian ini menunjukkan bahwa saat siklus I hasil belajar siswa pada aspek kognitif mencapai 68,39, pada aspek afektif mencapai 81,53 dan pada psikomotor mencapai 76,01. Hasil ini menunjukkan bahwa saat siklus I ketuntasan belajar siswa untuk aspek afektif dan psikomotor sudah tercapai sedangkan untuk aspek kognitif belum tercapai karena masih dibawah batas minimal ketuntasan belajar siswa yaitu 70. Setelah dilakukan permainan pada siklus II hasil belajar siswa pada aspek kognitif siswa mencapai 82,37, pada aspek afektif mencapai 88,79 dan pada aspek psikomotor mencapai 81,25. hasil ini menunjukkan bahwa saat siklus II ketuntasan belajar siswa untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor sudah tercapai karena sudah melebihi batas minimal ketuntasan belajar siswa yaitu 70. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran penjasorkes menggunakan pendekatan permainan bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Doplang 1 Kecamatan Jati Kabupaten Blora tahun pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu dapat diajukan saran: 1) Guru penjasorkes Sekolah Dasar kelas V hendaknya mempertimbangkan penggunaan pembelajaran penjasorkes melalui pendekatan permainan bola voli mini karena telah terbukti mampu meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran bola voli, 2) Dalam penerapan pembelajaran penjasorkes menggunakan pendekatan permainan bola voli mini agar mencapai hasil yang optimal guru perlu merencanakan skenario pembelajaran yang memperioritaskan pada keterlibatan secara aktif dari seluruh siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan 3) Penerapan pembelajaran penjasorkes menggunakan pendekatan permainan bola voli mini perlu dikembangkan lebih lanjut pada populasi yang lebih luas guna memperkuat efektifitas pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 21:35
Last Modified: 21 May 2012 21:35

Actions (login required)

View Item