Pembelajaran Penjasorkes Melalui Bermain Bola Voli Mini Dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011

Doni Roniyanto, 6101407084 (2012) Pembelajaran Penjasorkes Melalui Bermain Bola Voli Mini Dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Apakah dengan bermain bola voli mini siswa dapat meningkatkan kesegaran jasmaninya. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Pembelajaran Bola voli mini dapat meningkatkan kesegaran jasmani para siswa kelas V SD N 1 sukorejo?Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kesegaran jasmani siswa, setelah mengikuti pembelajaran bola voli mini. Dalam pelaksanaan Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas V SD N 1 Sukorejo yang berjumlah 30 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yaitu tes kesegaran jasmani Indonesia untuk umur 10-12 tahun yang terdiri dari satuan item tes yaitu : lari 40 M,tes gantung siku tekuk,tes baring duduk,tes loncat tegak,dantes lari 600M. sampel berjumlah 30 anak,dengan metode total sampling. Variable dalam penelitian ini yaitu permainan Bola Voli mini sebagai variable bebas, dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V sebagai variable terikat. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan teknik tes, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil dari penelitian menunjukan tingkat kesegaran jasmani siswa saat pre tes dalam kategori baik sekali (0,00%), baik (23,33%), sedang (36,67%), kurang (40,00%),dan kurang sekali (0,00%) sedangkan saat postes siswa memiliki tingkat kesegaran jasmani dalam kategori baik sekali (3,33%), baik (36,67%), sedang (53,33%), kurang (6,67%), dan kurang sekali (0,00%). Jadi dengan pembelajaran penjasorkes melalui bermain bola voli mini dapat meningkatkan kesegaran jasmani siswa kelas V SD N 1 Sukorejo Kabupaten Kendal. Serta terdapat keunggulan dan kelemahan dalam proses pembelajaran pejasorkes bola voli mini ini.Keunggulan dan kelemahan itu adalah Keunggulan :1.) Tingkat kesegaran jasmani siswa SD N 1 Sukorejo Kabupaten Kendal meningkat setelah melakukan kegiatan pembelajaran penjasorkes melalui bermain bola voli mini. 2.) Para siswa menjadi lebih tertarik dalam bermain bola voli mini, karena disamping menyenangkan peraturanya pun tidak sulit sehingga mudah dimainkan. 3.) Para siswa mengalami peningkatan dalam melakukan teknik passing, khususnya passing bawah.Kelemahan :1.) Para siswa banyak yang bergurau sehingga waktu yang di gunakan kurang maksimal. 2.) Pada saat cuaca hujan, pembelajaran ini ditunda sehingga kurang efisien waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran penjasoerkes bola voli mini ini.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan bermain bola voli mini dapat meningkatkan kesegaran jasmani siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 21:08
Last Modified: 21 May 2012 21:08

Actions (login required)

View Item