Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Mini 3 (three) on 3 (three) Kelas V dan VI SD Negeri 01 Harjosari Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012

Muhamad Adam, 6101407003 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Mini 3 (three) on 3 (three) Kelas V dan VI SD Negeri 01 Harjosari Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan jasmani di sekolah dasar selama ini berorientasi pada pengajaran cabang-cabang olahraga yang sifatnya mengarah pada penguasaan teknik.Kenyataan ini dapat dilihat di SD Negeri 01 Harjosari, dari hasil pengamatan, dapat dikatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan jasmani sekolah dasar belum sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, baik dari segi kognitif, afektif, motorik, maupun fisik.Dalam penelitian ini, model pembelajaran yang akan digunakan merupakan permainan sepak bola yang telah dikembangkan baik peraturan, sarana-prasarana serta pemain. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk modifikasi permainan sepakbola yang sesuai dengan karakteristik siswa SD Negeri 01 Harjosari.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepakbola mini 3 (three) on 3 (three) bagi siswa SD Negeri 01 Harjosari dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan sepakbola mini 3 (three) on 3 (three)), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji kelompok kecil (12 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (30 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran sepakbola mini 3 (three) on 3 (three) bagi siswa SD Negeri 01 Harjosari yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (12 siswa), dan uji lapangan (30 siswa).Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotor, dan afektif setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data dari evaluasi ahli penjas yaitu, ahli penjas 81,34%(baik), ahli pembelajaran I 76%(baik), ahli pembelajaran II 85,34%(baik), uji coba kelompok kecil 84,44%(baik), uji lapangan 86,10%(baik). Dari data yang ada maka disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola mini 3 (three) on 3 (three) dapat digunakan pada siswa SD Negeri 01 Harjosari. Diharapkan bagi guru Penjas SD untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola mini 3 (three) on 3 (three) pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 02:42
Last Modified: 21 May 2012 02:42

Actions (login required)

View Item