Sumbangan kecepatan lari maksimum, berat badan dan daya ledak otot tungkai terhadap hasil lompat jauh dengan gaya jongkok pada siswa putera ekstrakurikuler sepakbola SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal Tahun 2011

Khoirul Huda, 6250407054 (2011) Sumbangan kecepatan lari maksimum, berat badan dan daya ledak otot tungkai terhadap hasil lompat jauh dengan gaya jongkok pada siswa putera ekstrakurikuler sepakbola SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada sumbangan kecepatan lari maksimum terhadap hasil lompat jauh dengan gaya jongkok pada Siswa Putera Ekstrakurikuler SMA Pondok Pesantren Modern Selamat? 2) Apakah ada sumbangan berat badan terhadap hasil lompat jauh dengan gaya jongkok pada Siswa Putera Ekstrakurikuler SMA Pondok Pesantren Modern Selamat? 3) Apakah ada sumbangan daya ledak otot tungkai terhadap hasil lompat jauh dengan gaya jongkok pada Siswa Putera Ekstrakurikuler SMA Pondok Pesantren Modern Selamat? 4) Apakah ada sumbangan kecepatan lari maksimum, berat badan dan daya ledak otot tungkai terhadap hasil lompat jauh dengan gaya jongkok pada Siswa Putera Ekstrakurikuler SMA Pondok Pesantren Modern Selamat? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei test, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah subjek 35 siswa putrera yang mengikuti ekstrakurikuler di SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal tahun 2011. Instrumen tes menggunakan tes kecepatan lari maksimum 30 meter, tes berat badan, tes daya ledak otot tungkai dan tes lompat jauh. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi. Sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu dilakukan sejumlah uji persyaratan untuk mengetahui kelayakan data meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecepatan lari maksimum memberikan sumbangan terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada Siswa Putera Ekstrakurikuler SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal Tahun 2011 yaitu sebesar 26,0%, sedangkan sumbangan berat badan sebesar 2,3% dan sumbangan daya ledak otot tungkai sebesar 41,0%. Secara simultan (bersama-sama) kecepatan lari maksimum, berat badan dan daya ledak otot tungkai memberikan sumbangan terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok sebesar 48,6%. Simpulan, berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada sumbangan kecepatan lari maksimum terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok yaitu sebesar 26,0%. Ada sumbangan berat badan terhadap lompat jauh gaya jongkok yaitu sebesar 2,3%. Ada sumbangan daya ledak otot tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok yaitu sebesar 41,0%. Ada sumbangan kecepatan lari maksimum, berat badan dan daya ledak otot tungkai terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa putera ekstrakurikuler SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal Tahun 2011 yaitu sebesar 48,6%. Untuk para peneliti lain di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dalam penelitian yang sejenis dapat di gunakan sebagai bahan pembanding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 02:30
Last Modified: 21 May 2012 02:30

Actions (login required)

View Item