Pengaruh latihan service bawah tangan menggenggam dan terbuka terhadap kemampuan service bawah bola voli pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMK Negeri 2 Magelang

Yoga Nugraha Sakti, 6301407067 (2012) Pengaruh latihan service bawah tangan menggenggam dan terbuka terhadap kemampuan service bawah bola voli pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMK Negeri 2 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah membandingkan service bawah tangan menggenggam dan terbukaterhadap hasil service bawah dalam permainan bolavoli pada siswa putri ekstrakurikuler SMK Negeri 2 Magelang tahun 2011 dan mana yang lebih baik antaraservicebawah tangan menggenggam dan terbukadalam pelaksanaan service bawah dalam permainan bolavoli pada siswa putri ekstrakurikuler SMK Negeri 2 Magelang tahun 2011 ?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh latihan service bawah tangan menggenggam dan terbuka terhadap kemampuan service bawah bola voli pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMK Negeri 2 Magelang tahun 2011.Mengetahui bentuk pelaksanaan latihan yang lebih baik antaraservice bawah tangan menggenggam dan terbuka terhadap kemampuan service bawah bola voli pada peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMK Negeri 2 Magelang tahun 2011 ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeeksperimen, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel30 orang siswa putri yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMK Negeri 2 Magelang tahun 2011. Sedangkan instrumen tes menggunakan tes servicedari Robert E. Laveage dengan validitas : 0,828 dan reliabilitas 0,906. Data hasil tes dihitung dengan menggunakan rumus t-tes. Hasil uji perbedaan data post-test kelompok eksperimen 1 dengan eksperimen 2 diperoleh nilai thitung = 2,49> ttabel = 2,14, berarti ada perbedaan yang signifikan hasil post test kelompok eksperimen 1 dengan eksperimen 2. Rata-rata skor hasil post-testservice bawahpada kelompok eksprimen 1 yang diberikan latihan service bawah tangan menggenggam mencapai 42,20dan lebih tinggi dari kelompok eksperimen 2 yang diberikan lastihan service bawah tangan terbuka yang mencapai 35,75. Kesimpulan dalam penelitiaan ini adalah ada perbedaan hasil latihan service bawah tangan menggenggam dan terbuka terhadap kemampuan service bawah dalam permainan bola voli putri peserta ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri 2 Magelang tahun 2011, danservice bawah tangan menggenggam lebih baik dibanding service bawah tangan terbuka terhadap kemampuan service bawah dalam permainan bola voli putri peserta ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri 2 Magelang tahun 2011. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah untuk para pemain hendaknya dapat menguasai teknik service, baikservice bawah tangan menggenggam dan terbuka, karena ke dua servicetersebut sama pentingnya dalam permainan bolavoli. Untuk para peneliti lain di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dalam penelitian yang sejenis dapat di gunakan sebagai bahan pembanding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 02:00
Last Modified: 21 May 2012 02:00

Actions (login required)

View Item