Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Dimensi Tiga

Rini Hadiyanti, 4101407104 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Dimensi Tiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Observasi awal yang dilakukan di SMA Kesatrian 2 Semarang menunjukkan bahwa pemahaman konsep materi dimensi tiga di sekolah tersebut belum optimal. Dari data Puspendik tahun 2011 daya serap materi tersebut mencapai 29,49 %. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif diantaranya NHT merupakan solusi permasalahan dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Pembelajaran ini menekankan aktivitas sosial, sehingga peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat mencapai ketuntasan yang ditentukan dan untuk mengetahui persentaseketuntasan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi dimensi tiga yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih besar daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi dimensi tiga yang dikenai model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Kesatrian 2 Semarang tahun ajaran 2011/2012. Adapun sampelnya yaitu peserta didik kelas X-2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X-3 dengan model pembelajaran ekspositori sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran matematika sebagai variabel bebas dan kemampuan pemahaman komsep sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji proporsi pihak kanan dan uji perbedaan dua proporsi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan pemahamn konsep kelas eksperimen adalah 83,89. Pada uji proporsi ketuntasan pemahaman konsep, diperoleh maka H0 ditolak (telah mencapai ketuntasan). Hasil uji perbedaan dua proporsi ketuntasan pemahaman konsep, diperoleh , maka H0 ditolak (proporsi ketuntasan pemahamn konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol). Untuk rata-rata keaktifan peserta didik kelas eksperimen adalah 74%, sedangkan kelas kontrol adalah 73%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan pembelajaran pada kelas eksperimen yang dikenai model NHT lebih efektif dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran bagi guru matematika agar dapat mengembangkan pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif, terutama model pembelajaran NHT untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Tiga, NHT, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 00:01
Last Modified: 16 May 2012 00:01

Actions (login required)

View Item