Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Boja Tahun Ajaran 2011-2012

Denny Putra Chrysida, 3201407044 (2012) Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Boja Tahun Ajaran 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pendidikan masa kini berkembang seiring perkembangan dan kemajuan teknologi. Internet merupakan teknologi informasi yang didalamnya terdapat sumber-sumber informasi terkait yang dapat diakses oleh siswa untuk mendukung pembelajaran geografi. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi kelas X semester gasal di SMA Negeri 1 Boja tahun ajaran 2011-2012? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi kelas X semester gasal di SMA Negeri 1 Boja tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini dilakukan di sekolah RSBI SMA Negeri 1 Boja, dengan populasi siswa kelas X tahun ajaran 2011-2012. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling dengan memgambil masing-masing 20% dari tiap kelas yaitu berjumlah 56 siswa. Variabel yang dikaji pada penelitian ini adalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dalam menunjang pembelajaran geografi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari tiap indikator, pemanfaatan internet oleh guru yaitu sudah menerapkan internet pada pembelajaran geografi. Penggunaan internet oleh siswa termasuk kriteria tinggi (72%). Tanggapan siswa dalam menggunakan internet yang terdiri atas faktor penghambat siswa (25%) termasuk dalam kriteria rendah dan faktor pendorong siswa (75%) termasuk dalam kriteria tinggi. Tanggapan siswa selama diberi penugasan guru (54%) termasuk dalam kriteria tinggi, sedangkan tanggapan tentang kondisi internet sekolah (22%) termasuk dalam kriteria rendah. Guru dan siswa sering menggunakan internet untuk mencari materi geografi, namun hal itu tidak didukung dengan kualitas fasilitas internet sekolah. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi sekolah hendaknya perlu memperhatikan dan meningkatkan kualitas internet sekolah yang menjangkau semua ruang kelas serta dapat diakses dengan cepat, agar internet dapat diterapkan dan digunakan dengan baik terutama pada saat Kegiatan Belajar Mengajar mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Boja Tahun Ajaran 2011-2012
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 21:11
Last Modified: 15 May 2012 21:11

Actions (login required)

View Item