Faktor-faktor Penghambat dalam Proses Pembelajaran Geografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2011/2012

Eko Purwanto, 3201407015 (2012) Faktor-faktor Penghambat dalam Proses Pembelajaran Geografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberhasilan belajar siswa merupakan cerminan bagi program belajar selanjutnya. Namun dalam belajar maupun proses belajar mengajar siswa kadang kala mendapat banyak hambatan, tidak terkecuali pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu SMA Negeri 1 Jakenan yang berkenaan dengan faktor penghambat proses pembelajaran geografi baik berupa sarana prasarana yang dimiliki sekolah maupun faktor proses pembelajaran geografi yang ada di SMA Negeri 1 Jakenan. Variabel yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah faktor penghambat proses pembelajaran geografi yang berasal dari sekolah pada siswa SMA Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati yang terdiri dari: (1) Prasarana dan sarana pembelajaran meliputi gedung sekolah, ruang belajar beserta fasilitas belajar yang dimiliki seperti papan tulis, LCD proyektor dan pemutar audio, referensi yang ada di perpustakaan yang terdiri dari referensi mata pelajaran geografi dan referensi pengetahuan umum, dan alat peraga pembelajaran. (2) Faktor proses belajar mengajar yang terdiri dari: (a) Faktor guru yang berkenaan dengan kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional (termasuk kualitas guru) dan (b) Faktor siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Deskriptif Persentase (DP). Hasil penelitian dari dua variabel yang diteliti yang terbagi menjadi tiga belas indikator, sebelas indikator tergolong tidak menghambat, sedang dua lainnya tergolong cukup menghambat. Sebelas indikator yang tergolong tidak menghambat tersebut yaitu gedung sekolah, ruang belajar, perpustakaan, profil guru geografi, perangkat pembelajaran, sumber pembelajaran atau bahan ajar, metode mengajar, media pembelajaran, membuka pelajaran, menutup pembelajaran, dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan dua indikator yang tergolong cukup menghambat yaitu alat peraga pembelajaran dan sarana prasarana yang dimiliki siswa. Simpulan, bahwa faktor sarana dan prasarana dan faktor proses belajar mengajar bukan faktor penghambat proses pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Jakenan. Saran, Peneliti berharap untuk pihak sekolah agar dapat mengusahakan penyediaan alat peraga pembelajaran Geografi, mungkin dapat dengan jalan meminta iuran dari siswa pada saat perpisahan sekolah atau membeli dengan anggaran sekolah. Peneliti juga memberi saran agar siswa secara aktif mencari referensi tambahan untuk memperkaya pengetahuan tentang geografi, mengingat materi geografi yang sangat banyak, sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Bidang Studi Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 21:08
Last Modified: 15 May 2012 21:08

Actions (login required)

View Item