Studi Tentang Ketelibatan Siswa Dan Guru Dalam Penggunaan Media Dan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Dinamika Atmosfer di SMA PGRI 3 Randudongkal Kelas X Tahun Ajaran 2010/2011

Didik Kurniawan, 3201405525 (2011) Studi Tentang Ketelibatan Siswa Dan Guru Dalam Penggunaan Media Dan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Dinamika Atmosfer di SMA PGRI 3 Randudongkal Kelas X Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi pada proses belajar mengajar (PBM), diketahui bahwa proses belajar mengajar (PBM) di SMA PGRI 3 Randudongkal masih kurang mengoptimalkan kegiatan yang bernuansa inkuiri dan kurang menggunakan strategi maupun metode pembelajaran yang bervariasi. Kegiatan yang mengarahkan siswa untuk menemukan konsep-konsep dan pengertian dalam geografi jarang dilakukan. Selain itu, guru jarang mengaitkan pelajaran dengan masalah-masalah di lingkungan dan kehidupan sehari-hari siswa. Dalam penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri alasannya karena dapat melibatkan siswa berperan secara aktif memperoleh kesempatan berfikir, melatih bertanggung jawab untuk berjalan secara berdisplin dan mandiri. Interaksi edukatif yang diharapkan muncul dari penerapan metode ini adalah interaksi dari siswa ke siswa, interaksi dari siswa ke guru, interaksi dari siswa ke lingkungan. Keaktifan siswa itu dapat berupa keaktifan dalam bertanya, mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan, dan sebagainya. Siswa juga akan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan potensi atau kesempatan untuk mengetahui sesuatu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana dampak penggunaan metode inkuiri dalam proses belajar mengajar (PBM) dinamika atmosfer terhadap keterlibatan siswa, 2) Bagaimana dampak penggunaan metode inkuiri dalam proses belajar mengajar (PBM) dinamika atmosfer terhadap keaktifan guru. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui dampak keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar (PBM) dinamika atmosfer dengan menggunakan metode inkuiri, 2) Mengetahui dampak keaktifan guru dalam proses belajar mengajar (PBM) dinamika atmosfer dengan menggunakan metode inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi dan siswa kelas X SMA PGRI 3 Randudongkal, sampel dalam penelitian ini adalah besar sampel 40% atau sekitar 90 dari 229 siswa yang tersebar di 2 kelas yaitu kelas X1= 46, X2= 44. Variabel dalam penelitian ini adalah siswa, guru, media pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan lembar instrumen angket siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan keadaan dan pelaksanaan di lapangan dan metode deskriptif persentase yaitu penilaian terhadap jawaban siswa pada pelaksanaan metode inkuiri dari hasil uji/test angket siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 3 Randudongkal Tahun Pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian pada pengamatan I diperoleh skor untuk keterlibatan siswa sebesar 50,62% (kategori sedang), keaktifan guru sebesar 55,29% (kategori sedang), peran media pembelajaran sebesar 43,91% (kategori rendah) dengan rata-rata sebesar 49,94% (kategori sedang). Hasil penelitian dengan menggunakan metode inkuiri pada pengamatan I menunjukkan indikator kerja belum tercapai karena aktivitas pada pengamatan I ini masih rendah dan belum tampak. Pada pengamatan II diperoleh skor hasil penelitian untuk keterlibatan siswa sebesar 67,58% (kategori tinggi), keaktifan guru sebesar 68,33% (kategori tinggi), peran media pembelajaran sebesar 57,67% (kategori sedang) dengan rata-rata sebesar 64,53% (kategori sedang). Pada pengamatan II ini keterlibatan siswa sudah tampak karena metode pembelajaran yang digunakan adalah metode inkuiri dengan bentuk diskusi kelompok sehingga siswa harus melibatkan diri dalam proses belajar mengajar (PBM). Minat dan respon siswa sangat positif. Begitu juga dengan keaktifan guru dan peran media pembelajaran sudah tampak dan ada peningkatan. Hasil penelitian pada pengamatan II menunjukkan indikator kerja sudah tercapai. Pada pengamatan III diperoleh skor hasil penelitian untuk keterlibatan siswa sebesar 71,44% (kategori tinggi), keaktifan guru sebesar 78,73% (kategori tinggi), peran media pembelajaran sebesar 68,87% (kategori sedang) dengan rata-rata sebesar 73,01 (kategori tinggi). Hasil penelitian pada pengamatan III menunjukkan indikator kerja sudah tercapai. Metode inkuiri dengan bentuk diskusi kelompok yang sesuai secara umum dapat mengoptimalkan keterlibatan siswa dan minat siswa, keaktifan guru, dan peran media pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterlibatan siswa dan guru dalam penggunaan media dan metode inkuiri pada pembelajaran dinamika atmosfer di SMA PGRI 3 Randudongkal kelas X tahun pelajaran 2010/2011 sangat membantu siswa untuk memahami materi yang disajikan. Disarankan guru dan siswa: 1. Hendaknya para guru geografi dan siswa SMA PGRI 3 Randudongkal lebih insentif menggunakan media dan metode pembelajaran inkuri dalam mempelajari dinamika atmosfer, 2. Untuk sekolah disarankan melengkapi media pembelajaran yang diperlukan baik dengan cara membeli maupun memberdayakan siswa dan guru dalam pengadaan media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Siswa dan Guru, Metode Inkuiri, SMA PGRI 3 Randudongkal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 20:51
Last Modified: 15 May 2012 20:51

Actions (login required)

View Item