Pemetaan Lokasi Tambang Bahan Galian Golongan C di Kabupaten Semarang Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).

Naurita Pertiwi, 3252306006 (2009) Pemetaan Lokasi Tambang Bahan Galian Golongan C di Kabupaten Semarang Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pemetaan Lokasi Tambang Bahan Galian Golongan C di Kabupaten Semarang Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG).) - Published Version
Download (2020Kb)

    Abstract

    Perkembangan teknologi membuat kebutuhan manusia menjadi semakin komplek. Salah satu pentingnya kebutuhan hidup yaitu kebutuhan rumah tinggal. Dari waktu ke waktu rumah yang awalnya terbuat dari kayu, sekarang sudah menggunakan batu, besi, semen, pasir yang termasuk dalam bahan galian golongan C. Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah mengetahui lokasi dan dapat memetakan lokasi tambang bahan galian golongan C di Kabupaten Semarang. Adapun manfaat dari penyusunan tugas akhir ini untuk memberikan sumbangan kepada instansi terkait, memberikan informasi tentang jenis dan kegunaan bahan galian golongan C serta memperluas wawasan bagi peneliti dan pembaca mengenai bahan galian golongan C. Tahap yang dilakukan adalah melakukan survei lokasi penambangan bahan galian golongan C dan wawancara dengan para penambang dan penduduk disekitar penambangan. Alat yang digunakan yaitu Global Possition System dan kamera digital BenQ. Variabel yang digunakan berupa lokasi tambang bahan galian golongan C yang berupa titik koordinat dan jumlah penambang. Jenis datanya yaitu data spasial yang berupa peta – peta dan data atribut yang berisi data lokasi penambangan bahan galian golongan C di Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Semarang memiliki lokasi tambang bahan galian golongan C yang tersebar di hampir semua wilayah Kecamatan di Kabupaten Semarang yang meliputi Kecamatan Ungaran Timur, Kecamatan Ungaran Barat, Kecamatan Bergas, Kecamatan Pringapus, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Bawen, Kecamatan Tuntang, Kecamatan Bringin, Kecamatan Suruh, Kecamatan Susukan, Kecamatan Jambu dan Kecamatan Banyubiru. Jenis tambang bahan galian golongan C yang digali antara lain batu andesit, Sirtu, Perlit, Tanah liat dan Basalt. Dari hasil analisis melalui Sistem Informasi Geografis dapat diketahui bahwa penambangan bahan galian golongan C tersebar secara merata di setiap wilayah Kecamatan di Kabupaten Semarang. Proses pemetaan yang dilakukan dengan program ArcView melalui 3 tahap yaitu input data, proses dan output yang berupa peta. Kesimpulan lokasi penambangan yang berada di alur sungai dan di perbukitan, diharapkan penambangan bahan galian golongan C tidak menimbulkan efek yang dapat merugikan masyarakat dan para penambang. Saran yang dianjurkan yaitu dalam memanfaatkan bahan galian golongan C sebaiknya memilih area penambangan yang sudah memiliki ijin dari pemerintah setempat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Lokasi Tambang, Bahan Galian Golongan C, Sistem Informasi Geografis.
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 23 Mar 2011 08:03
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:53

    Actions (login required)

    View Item