Perlawanan Tokoh Utama Perempuan terhadap Konstruksi Gender dalam Novel Perempuan Keumala Karya Endang Moerdopo: Kajian Feminisme.

Bayu Aji Nugroho , 2150407033 (2012) Perlawanan Tokoh Utama Perempuan terhadap Konstruksi Gender dalam Novel Perempuan Keumala Karya Endang Moerdopo: Kajian Feminisme. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perlawanan Tokoh Utama Perempuan terhadap Konstruksi Gender dalam Novel Perempuan Keumala Karya Endang Moerdopo: Kajian Feminisme.) - Published Version
Download (192Kb)

    Abstract

    Novel Perempuan Keumala merupakan novel pertama milik Endang Moerdopo yang memiliki tema perjuangan perempuan dalam mengubah struktur gender yang berkembang dalam masyarakat. Dalam novel tersebut terlihat berbagai bentuk perlawanan tokoh perempuan yang berusaha mengubah struktur gender yang terdapat dalam masyarakat akibat relasi gender. Persoalan muncul ketika ketimpangan yang terjadi dalam relasi gender telah melahirkan ketidakadilan terhadap perempuan, oleh karena itu penulis ingin menganalisis lebih dalam mengenai anggapan tersebut. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) faktor-faktor yang menyebabkan munculnya perlawanan tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo (2) bentuk perlawanan tokoh utama perempuan terhadap konstruksi gender dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsi faktor-faktor yang menyebabkan munculnya perlawanan tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo, (2) mendeskripsi bentuk perlawanan tokoh utama perempuan terhadap konstruksi gender dalam novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan feminis. Sasaran penelitian ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan perlawanan dan bentuk perlawanan tokoh utama perempuan pada novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan adanya perlawanan tokoh utama perempuan Keumalahayati pada novel Perempuan Keumala karya Endang Moerdopo adalah adanya berbagai macam bentuk kekerasan yang menimpa dirinya yang dilakukan oleh tokoh pria dalam novel. Bentuk kekerasan yang dilakukan oleh tokoh pria dalam novel antara lain, kekerasan fisik, kekerasan psikologis, dan kekerasan seksual. Keumalahayati melakukan perlawanan terhadap berbagai bentuk kekerasan yang menimpa dirinya. Berdasarakan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian berikutnya agar dapat memanfaatkan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti pendekatan sosial dan eksternal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kekerasan, gender, feminism.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 14 May 2012 23:58
    Last Modified: 14 May 2012 23:58

    Actions (login required)

    View Item