Tingkat Kecemasan Sarjana Fresh Graduate Menghadapi Persaingan Kerja dan Meningkatnya Penggangguran Intelektual (Penelitian Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)

Nurmantika Wiji Sejati, 1550407033 (2012) Tingkat Kecemasan Sarjana Fresh Graduate Menghadapi Persaingan Kerja dan Meningkatnya Penggangguran Intelektual (Penelitian Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Wiji Sejati, Nurmantika. 2012. Tingkat Kecemasan Sarjana Fresh Graduate Menghadapi Persaingan Kerja dan Meningkatnya Penggangguran Intelektual (Penelitian Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Skripsi, Jurusan Psikologi, FIP, UNNES. Pembimbing I Drs. Sugeng Hariyadi, M.S., Pembimbing II Rahmawati P. S.Psi. M.Si Kata kunci : Kecemasan, Fresh Graduate Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang terjadi dimana kondisi saat ini semakin sulitnya dan semakin ketatnya persaingan untuk mendapat pekerjaan yang dapat dimasuki setelah mahasiswa menyelesaikan studinya yang secara tidak langsung menimbulkan kecemasan pada sarjana fresh graduate. Kecamasan pada sarjana fresh graduate menghadapi persaingan kerja dan penggangguran intelektual adalah kondisi psikologis seseorang, dapat berupa rasa tertekan dan ketakutan yang muncul karena adanya keadaan dimana individu merasa terancam oleh salah satu hal yang dianggapnya menakutkan dan menyakitkan yang berasal dari luar maupun dari dalam sehingga menimbulkan kekhawatiran, kegelisahan yang menganggu ketenangan dan kesehatan yang terkadang menimbulkan kekacauan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran secara deskriptif tingkat kecemasan sarjana fresh graduate menghadapi persaingan kerja dan meningkatnya pengangguran intelektual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang. Subjek penelitian berjumlah 205 alumni mahasiswa UNNES tahun 2011 yang ditentukan menggunakan teknik insidental sampling. Penelitian ini diukur menggunakan skala kecemasan. Uji analisis menggunakan teknik product moment dengan bantuan program SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan tergolong dalam kategori rendah dengan perolehan hasil sebesar 52,7% atau 108 subjek. Hasil tersebut ditinjau dari antara lain aspek fisik dengan perolehan hasil terbanyak 64,4% atau 132 subjek pada kategori rendah, aspek behavior dengan perolehan hasil terbanyak 76,6% atau 157 subjek pada kategori sedang dan aspek kognitif dengan perolehan hasil terbanyak 64,4% atau 132 subjek pada kategori sedang. Kesimpulan yang didapat bahwa dapat dilihat secara umum pada sarjana fresh graduate UNNES dalam menghadapi persaingan kerja dan pengangguran intelektual tergolong dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa responden lebih tenang dalam mengahadapi persaingan kerja yang semakin ketat dan adanya fenomena pengangguran intelektual sekarang ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Fresh Graduate
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 22:49
Last Modified: 14 May 2012 22:49

Actions (login required)

View Item