Pengaruh Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian laporan Keuangan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2008-2010.

Miftahul Hasan, 7250407004 (2012) Pengaruh Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian laporan Keuangan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2008-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasan, Miftahul. 2012. Pengaruh Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian laporan Keuangan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2008-2010. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Asrori, M.S dan Linda Agustina, S.E, M.Si Kata Kunci : Prinsip Transparansi, Prinsip Akuntabilitas dan Ketepatan Waktu Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sangat penting bagi pengguna laporan keuangan untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Lampiran Peraturan Bapepam No X.K.6, keputusan ketua Bapepam-LK No.Kep-134/BL/2006 tentang kewajiban penyampaian laporan tahunan bagi emiten atau perusahaan publik. Kenyataannya masih terjadi keterlambatan penyampaian laporan keuangan yang dilakukan emiten dalam hal ini perusahaan industri perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip transparansi dan prinsip akuntabilitas good corporate governance terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan tahunan. Populasi penelitian ini terdiri dari 33 perusahaan (11 perusahaan industri perbankan x 3 tahun pengamatan) yang listing di BEI pada periode 2008-2010. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan populasi didasarkan pada metode populasi terhingga dengan pembatasan populasi. Alat analisis yang digunakan adalah structural equation modeling metode alternatif dengan partial least square (PLS) pada tingkat signifikansi 5% (t-tabel signifikansi 5% = 1,96). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, prinsip transparansi secara signifikan mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada tingkat signifikan t-statistik 2,787 > t-tabel 1,96 dengan arah hubungan positif ditunjukkan oleh nilai original estimate sebesar 0,359 dan prinsip akuntabilitas secara signifikan mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada tingkat signifikan t-statistik 5,655 > t-tabel 1,96 dengan arah hubungan positif ditunjukkan oleh nilai original estimate sebesar 0,436. Kesimpulan dalam penelitian ini menyatakan prinsip transparansi dan akuntabilitas dinyatakan berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini tergolong minimum dan belum bisa menggambarkan kondisi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan industri perbankan secara keseluruhan yang listing di BEI. Kondisi ini memberikan masukan bagi peneliti selanjutnya untuk mengusahakan populasi penelitian yang lebih banyak dari perusahaan industri perbankan yang listing di BEI dan menambah variabel lain dari tiga prinsip Good Corporate Governance lainnya yang dapat mempengaruhi ketepatan waktu penyampain laporan keuangan perusahaan industri perbankan yang listing di BEI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Transparansi, Prinsip Akuntabilitas dan Ketepatan Waktu
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 21:31
Last Modified: 14 May 2012 21:31

Actions (login required)

View Item