Meningkatkan hasil belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Role Playing Pada siswa Kelas V SDN Margomulyo Pegandon–Kendal

Intan Kurniasih, 1402908121 (2012) Meningkatkan hasil belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Role Playing Pada siswa Kelas V SDN Margomulyo Pegandon–Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kurniasih, Intan .2012.Meningkatkan hasil belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Role Playing Pada siswa Kelas V SDN Margomulyo Pegandon–Kendal .Skripsi,Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Semarang .Pembimbing 1 Dra Renggani M.Pd dan Pembimbing 2 Drs.A.Zaenal Abidin M.Pd Kata Kunci: Hasil belajar PKN , Metode Pembelajaran Role Playing Berdasarkan observasi awal pada tanggal 21 Maret 2011 di SD Margomulyo Pegandon –Kendal ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn di kelas V yaitu guru belum menggunakan metode pembelajaran yang menarik,sarana dan parasana yang memadai .Hal ini menyebabkan minat siswa dalam pembelajaran PKn sangat kurang sehingga berdampak pada rendahnya nilai PKN Di kelas yaitu masih berada di bawah KKM Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan kemampuan Guru /kinerja Guru dalam pembelajaran PKn kelas V SD N Margomulyo Kecamatan Pegandon –Kab. Kendal ? (2) Apakah melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD Margomulyo Kecamatan Pegandon –Kab. Kendal? (3) Apakah metode pembelajaran Role Playing dapat mengakibatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Margomulyo Kecamatan Pegandon –Kab. Kendal meningkat ?. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui (1)Melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Guru /kinerja Guru PKn siswa kelas V SD Negeri Margomulyo (2 )Melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar kelas V SD Negeri Margomulyo Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal.(3) Melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas kelas V SD Negeri Margomulyo Penelitian ini dilakukan dalam III siklus penelitian, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Guru dan Siswa kelas VSD Margomulyo yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah kemampuan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Alat pengmpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor kemampuan guru pada siklus I 2,1 dengan kategori cukup rata-rata skor kemampuan guru siklus II 2,7 masuk kategori baik dan rata-rata skor keterampilan guru siklus III 3,2 masuk dalam kategori sangat baik .dan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I 1,7 masuk dalam kategori cukup, siklus II 2,7 masuk dalam kategori baik dan pada siklus III 3,1 masuk kriteria sangat baik . Ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II , Siklus II ke III mengalami peningkatan.Setelah dilakukan tindakan penelitian siklus I ketuntasan klasikal menjadi 51,5% Setelah dilakukan tindakan siklus II ketuntasan klasikal menunjukkan 75,8 % dan setelah dilakukan tindakan pada siklus III ketuntasan klasikal mencapai 81,8% Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Margomulyo Kec Pegandon-Kendal . Dari hasil penelitian disarankan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran PKn serta mencoba pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PKN , Metode Pembelajaran Role Playing
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 21:26
Last Modified: 14 May 2012 21:26

Actions (login required)

View Item