Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT ) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Ngraho 03 Blora.

Niken Diah Anggraheni, 1401909084 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT ) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Ngraho 03 Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Niken Diah Anggraheni .2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT ) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Ngraho 03 Blora. Skripsi.Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Harmanto, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dra. Arini Estiastuti, M.Pd Kata kunci: kualitas pembelajaran, Cooperative Learning Tipe TGT, Media Audio Visual. Berdasarkan observasi awal dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Ngraho 03 Blora kurang optimal, karena cara mengajar guru yang masih menggunakan metode konvesional dan penggunaan media pembelajaran yang masih kurang, sehingga minat belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar siswa hanya 44,44%. Sedangkan tujuan pembelajaran PKn adalah (1) mampu berpikir kritis, rasional dalam menangggapi isu kewarganegaraan,(2) berparisipasi aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,(3) berkembang secara politik dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter bangsa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah melalui pendekatan kooperatif tipe TGT berbasis media audio visual dapat meningkatkan keterampilan Guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Ngraho 03 Blora? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan kooperatif tipe TGT berbasis media audio visual pada siswa kelas V SDN Ngraho 03. Metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan 3 siklus. Setiap siklus 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Peneliti dilakukan di kelas V SDN Ngraho 03 Blora, dengan jumlah siswa 18. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.Pengambilan data menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan kooperatif tipe TGT berbasis media audio visual pada siswa kelas V SDN Ngraho 03 pada siklus I keterampilan guru katagori baik dengan skor 24, pada siklus II dengan skor 27 dalam katagori sangat baik,siklus III keterampilan guru dengan skor 33 dengan katagori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 19,55 kategori cukup , siklus II mendapatkan skor 24,94 kategori baik dan pada siklus IIIdengan skor 28,16 kategori baik.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan,siklus I hasil belajar siswa sebesar 50%, pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 72,22% dan pada siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan skor 88,88%. Sesuai data yang dipaparkan diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe TGT berbasis media audio visual maka kualitas pembelajaran PKn meningkat.Peneliti memberi saran hendaknya guru melakukan inovasi pembelajaran, meningkatan kualitas pembelajaran dengan model- model pembelajaran yang inovatif, sekolah menyedikan sumber dan media Belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, Cooperative Learning Tipe TGT, Media Audio Visual
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 20:33
Last Modified: 14 May 2012 20:33

Actions (login required)

View Item