Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Pelaksanaan Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM Binama Semarang.

PujiSetiyowati, 8150408191 (2012) Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Pelaksanaan Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM Binama Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Setiyowati, Puji. 2012. Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Pelaksanaan Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM Binama Semarang. Skripsi. Prodi Ilmu Hukum. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Baidhowi S.Ag., M. Ag., Ubaidillah Kamal S. Pd., M. H. Kata Kunci: Prinsip Syariah, Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM Binama didirikan pada tahun 2006, diprakarsai oleh tokoh masyarakat dan pengusaha muslim yang peduli akan pentingnya pelaksanaan syariat islam secara kaffah. Selama empat tahun aset yang dimiliki sebesar Rp.9,3 miliar. Dan selama 6 tahun sejak kependiriannya asetnya terus meningkat menjadi Rp.11,5 miliar. Pertumbuhan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM Binama berbasis syariah terus meningkat dari tahun ke tahun. Sekitar 2.117 nasabah telah memanfaatkan fasilitas produk simpanan Taharah (Tabungan Harian Mudharabah). Usaha inilah yang melatar belakangi penulis untuk membuat penelitian tentang Bank Pembiayaan Rakyat Syariah yang dapat menciptakan iklim investasi yang sehat dan adil karena semua pihak dapat saling berbagi baik keuntungan maupun potensi risiko yang timbul sehingga akan menciptakan posisi yang berimbang antara bank dan nasabahnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan prinsip-prinsip syariah terhadap pelaksanaan Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM Binama?, (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prinsip-prinsip syariah dalam Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM Binama dan solusi penyelesaiannya? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menitikberatkan pada wawancara, pengamatan atau observasi serta dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pendekatan perundang-undangan (statuta approach), pendekatan konsep (conceptual approach) dan pendekatan perbandingan (comparative approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip yang diterapkan dalam pelaksanaan Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yakni transparansi atau keterbukaan, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi, kewajaran, dan sikap kepedulian. Dalam penelitian ini juga terungkap bahwa faktor pendorong dalam produk simpanan Taharah (Tabungan Harian Mudharabah) adalah: permodalan, mekanisme pasar, rentabilitas dan likuiditas, manajemen, kepercayaan dan instrumen hukum, dengan bukti yang telah disebutkan diatas. Sedangkan faktor kendalanya adalah kurangnya pemahaman masyarakat, peraturan perbankan yang berlaku belum sepenuhnya mengakomodasi operasional Bank Pembiayaan Rakyat Syariah PNM

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Syariah, Taharah (Tabungan Harian Mudharabah)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 03:09
Last Modified: 14 May 2012 03:09

Actions (login required)

View Item