Efektifitas Pelaksanaan Program Sertipikat Massal Swadaya (SMS) 2010 Terhadap Percepatan Pendaftaran Tanah di Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Bondan Sasangka Nur Hapsara, 3450407064 (2012) Efektifitas Pelaksanaan Program Sertipikat Massal Swadaya (SMS) 2010 Terhadap Percepatan Pendaftaran Tanah di Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hapsara, Bondan Sasangka Nur. 2012. Efektifitas Pelaksanaan Program Sertipikat Massal Swadaya (SMS) 2010 Terhadap Percepatan Pendaftaran Tanah di Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Program Studi Ilmu Hukum. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. 121 halaman Pembimbing I: Drs. Suhadi, S. H., M. Si. Pembimbing II: Rofi Wahanisa, S. H.,M. H. Kata Kunci: Sertipikat Massal Swadaya, Efektifitas. Program Sertipikat Massal Swadaya (SMS) merupakan bentuk upaya dari Kantor Pertanahan Kota Semarang untuk mempercepat sertipikasi tanah di Kota Semarang. Pada tahun 2010 program SMS ini diikuti oleh banyak Peserta dari berbagai wilayah Kelurahan termasuk juga Kelurahan Tlogosari Kulon. Penulis tertarik untuk memilih Kelurahan Tlogosari Kulon sebagai lokasi penelitian karena program SMS di Kelurahan ini telah berhasil dilaksanakan. Perumusan masalah dalam skripsi ini ialah: (1) Bagaimanakah proses penetapan wilayah dalam program Sertipikat Massal Swadaya di Kantor Pertanahan Kota Semarang? (2) Bagaimanakah efektifitas pelaksanaan program Sertipikat Massal Swadaya di wilayah Kelurahan Tlogosari Kulon terhadap percepatan pensertipikatan tanah di Kelurahan Tlogosari Kulon? (3) Apa kendala-kendala dalam pelaksanaan program Sertipikat Massal Swadaya Tahun 2010 di wilayah Kelurahan Tlogosari Kulon dan bagaimana upaya mengatasi kendala tersebut? Metode yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur/tidak, dan wawancara dengan alat bantu kuisioner/angket. Semua data yang terkumpul kemudian diolah, dianalisis dan disusun secara sistematis untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk uraian dekriptif sehingga dapat ditarik suatu simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penetapan wilayah dalam program SMS Kantor Pertanahan Kota Semarang dimulai dengan permohonan Program SMS oleh Panitia SMS tingkat Kelurahan kepada Kantor Pertanahan Kota Semarang. Jika seluruh persyaratan yang ditentukan telah terpenuhi maka wilayah Kelurahan tersebut dapat ditetapkan dalam program SMS melalui SK Kepala Kantor Pertanahan; Pelaksanaan SMS dengan prosedur yang mudah dan biaya yang murah serta banyaknya Peserta SMS membuat Program SMS ini efektif dalam mempercepat sertipikasi tanah di Kelurahan Tlogosari Kulon; Kendala-kendala yang sering terjadi selama program SMS yakni masalah kelengkapan berkas pemohon. Kendala ini dapat diatasi oleh Kantor Pertanahan Kota Semarang dengan memberikan waktu kepada Peserta untuk melengkapi berkas tersebut hingga waktu yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sertipikat Massal Swadaya, Efektifitas
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 22:26
Last Modified: 10 May 2012 22:26

Actions (login required)

View Item