Analisis Kepuasan Pengunjung Agrowisata Kebun Buah Plantera Fruit Paradise, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tomi Yoga Pratama, 3352405509 (2012) Analisis Kepuasan Pengunjung Agrowisata Kebun Buah Plantera Fruit Paradise, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tomi Yoga Pratama. 2012.”Analisis Kepuasan Pengunjung Agrowisata Kebun Buah Plantera Fruit Paradise, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. S. Martono, M.Si., II. Sri Wartini, S.E, M.M. Kata kunci: Agrowisata, Kepuasan pengunjung, analisis deskriptif. Pariwisata kini menjelma menjadi sebuah industri, dan untuk meningkatkan pariwisata diperlukan penanganan khusus dan juga diperlukan suatu manajemen yang baik. Yang diharapkan dengan manajemen yang baik, pengunjung yang datang akan merasa nyaman dan senang, sehingga pada saat pengunjung selesai berkunjung akan merasa puas dan kembali melakukan kunjungan. Preferensi dan motivasi wisatawan yang berkembang secara dinamis serta kecederungan wisatwan untuk kembali kealam menyebabkan pengembangan daya tarik wisatta yang berbasis alam (wisata agro) menjadi potensial. Agrowisata Plantera Fruit Paradise terletak didesa Sidokumpul, kecamatan Patean, kabupaten Kendal, menawarkan wisata beda dan juga keunikan akan ragam buah – buahannya. Dengan fluktiatifnya jumlah pengunjung serta kecenderungan menurun, dan sebagian pengunjung yang diwawancara mengindikasikan ketidakpuasan sebagai permasalahannya. Maka perumusan masalah yang dibahas adalah sejauh mana tingkat kepuasan pengunjung terhadap atribut yang ditawarkan Agrowisata Plantera Fruit Paradise, dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana tingkat kepuasan pengunjung. Manfaat dari penelitian ini bagi perusahaan dapat dijadikan bahan referensi untuk mengetahui tanggapan atas kinerja yang telah ditawarkan. Populasi penelitian ini merupakan pengunjung Agrowisata Plantera Fruit Paradise, dan penentuan sampel mengacu pada pendapat Solvin dengan hasil 100 orang sampel. Prosedur pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengambilan sampel multi tahap. Indikator - indikator kepuasan pengunjung dikelompokan menjadi tiga aspek, yaitu: aspek kualitas pelayanan, aspek produk, serta aspek sarana dan prasarana. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskritif persentase. Hasil penelitian diperoleh distribusi artibut – atribut pembentuk kepuasan yang dikelompokan menjadi tiga aspek yaitu aspek produk dengan tingkat kepuasan sebesar 56% berkategori biasa saja, sedangkan aspek kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan sebesar 76% berkategori puas, serta aspek sarana dan prasarana dengan tingkat kepuasan sebesar 74% berkategori puas. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung agrowisata Plantera fruit paradise termasuk dalam kategori puas. Dari ketiga pengelompokan atribut, aspek kualitas pelayanan mempunyai persentase tertinggi untuk kepuasan pengunjung dengan indikator keamanan yang miliki nilai tertinggi. Sedangkan aspek produk merupakan aspek yang mempunyai persentase terkecil, serta nilai indikator terendah ketersediaan buah-buahan. Saran pada penelitian ini Jika melihat aspek produk yang mana memiliki persentasi terendah dengan indikator ketersediaan buah – buahan. Hal ini ditunjang dengan sebagian besar pengunjung mengeluhkan tidak ada buah yang bisa dipetik saat berkunjung. Sebagai pengelola agrowisata plantera fruit paradise sebaiknya mempertimbangkan untuk membudidayakan buah yang memiliki waktu panen yang lebih singkat (sering panen).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agrowisata, Kepuasan pengunjung, analisis deskriptif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 May 2012 20:38
Last Modified: 09 May 2012 20:43

Actions (login required)

View Item