Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Media Periklanan terhadap Proses Keputusan Memilih BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) di Kecamatan Lasem

Pujo Wibowo, 7350407102 (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Media Periklanan terhadap Proses Keputusan Memilih BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) di Kecamatan Lasem. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pujo Wibowo. 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Media Periklanan terhadap Proses Keputusan Memilih BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) di Kecamatan Lasem”. Skripsi. Jurusan Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Wahyono M.M. Pembimbing II. Sri Wartini, S.E, M.M. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Media Periklanan, Proses Keputusan Pembelian Kualitas pelayanan dan media periklanan bisa menjadi faktor nasabah dalam membuat proses keputusan, kualitas pelayanan menjadi hal yang pokok dipunyai oleh perusahaan bila ingin bertahan dalam persaingan. Selain itu, media periklanan juga sangat berperan untuk memberikan andil dalam pengambilan keputusan, dengan media periklanan yang baik maka perusahaan dapat memeberikan pengaruh yang kuat kepada nasabah untuk membuat keputusan untuk bergabung menjadi nasabah. Pihak BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) Kecamatan Lasem sudah memberikan kualitas pelayanan yang baik dan Media Periklanan yang bervariatif. Akan tetapi masih terjadi penurunan jumlah nasabah seperti pada tahun 2007, 2008 dan 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan dan media periklanan terhadap proses keputusan pembelian nasabah pada BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) Kecamatan Lasem baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) Kecamatan Lasem sebesar 435 dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling sejumlah 82 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 19,193 + 0.164 X1 + 0.157 X2. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan memilih, media periklanan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan memilih. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan media periklanan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan memilih secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.500, hal ini berarti 50% proses keputusan memilih pada BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan media periklanan sedangkan sisanya 50% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan media periklanan yang positif dan signifikan terhadap proses keputusan memilih nasabah pada BMT BUS (Bina Ummat Sejahtera) Kecamatan Lasem baik secara parsial maupun simultan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya dalam aspek kualitas pelayanan lebih ditingkatkan yaitu dengan memberikan pelatihan, studi banding dan pengembangan karyawan. Aspek media periklanan menggunakan tokoh masyarakat sabagai tokoh iklan, informasi yang diberikan lebih lengkap dan mudah dimengerti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Media Periklanan, Proses Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 00:14
Last Modified: 08 May 2012 00:14

Actions (login required)

View Item