Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kota Magelang

Reza Yosafat Ch, 7350407033 (2011) Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kota Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Yosafat Ch, Reza. 2011.“Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kota Magelang”. Skripsi. Jurusan Manajemen Keuangan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Syamsu Hadi, M.Si. Pembimbing II. Dra. Murwatiningsih M.M, Kata kunci : ModalSendiri, Modal Pinjaman, Sisa Hasil Usaha Koperasi dalam menjalankan usahanya untuk memperoleh sisa hasil usaha, tergantung dari modal yang dihimpun. Semakin besar modal yang dihimpun baik modal sendiri maupun modal pinjaman, maka koperasi dapat meningkatkan usahanya ataupun memperluas usaha sehingga sisa hasil usaha yang diperoleh juga akan meningkat. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sisa hasil usaha pada KPRI Kota Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adakah pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman terhadap sisa hasil usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KPRI yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM berjumlah 37 koperasi tahun 2009-2010. Sampel dalam penelitian ini adalah populasi sasaran, yaitu KPRI yang memenuhi syarat tertentu, sehingga diperoleh laporan keuangan 20 KPRI tahun 2009-2010 sejumlah 40 kejadian. Variabel bebasnya adalah modal sendiri dan modal pinjaman, sedangkan variabel terikat adalah sisa hasil usaha. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Simpulan penelitian ini adalah modal sendiri berpengaruh positif terhadap sisa hasil usaha, apabila terjadi kenaikan modal sendiri, dengan asumsi modal pinjaman tetap, maka sisa hasil usaha juga akan naik. Begitu juga sebaliknya, apabila modal sendiri mengalami penurunan, dengan asumsi modal pinjaman tetap, maka akan menurunkan sisa hasil usaha. Modal pinjaman berpengaruh negatif terhadap sisa hasil usaha, artinya apabila modal pinjaman naik, dengan asumsi modal sendiri tetap, maka sisa hasil usaha akan mengalami penurunan. Begitu juga apabila modal pinjaman mengalami penurunan, dengan asumsi modal sendiri tetap, maka sisa hasil usaha akan naik. Saran dalam penelitian ini hendaknya KPRI di Kota Magelang memperhatikan bunga pinjamannya, karena dapat mengurangi sisa hasil usaha yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ModalSendiri, Modal Pinjaman, Sisa Hasil Usaha
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 00:01
Last Modified: 08 May 2012 00:01

Actions (login required)

View Item