Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Pantai Sigandu Sebagai Objek Wisata Unggulan Di Kabupaten Jawa Tengah

Fitria Anggun Wijayanti, 7350407013 (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Pantai Sigandu Sebagai Objek Wisata Unggulan Di Kabupaten Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Fitria Anggun Wijayanti. 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Pantai Sigandu Sebagai Objek Wisata Unggulan Di Kabupaten Jawa Tengah”. Skripsi.Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. S. Martono, M.Si., Pembimbing II : Sri Wartini, S.E, M.M. Kata kunci: kualitas pelayanan, promosi dan kepuasan pengunjung Pariwisata di Indonesia telah dianggap sebagai salah satu sektor ekonomi penting. Bahkan sektor ini diharapkan akan dapat menjadi penghasilan devisa nomor satu. Pantai Sigandu adalah pantai yang memiliki nilai potensial untuk dijadikan wisata unggulan di Kabupaten Batang tetapi dari data pengunjung 2010 pantai Sigandu mengalami tingkat fluktuatif. Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh variabel kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata pantai Sigandu Kabupaten Batang Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung pada objek wisata pantai Sigandu Kabupaten Batang Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling aksidental (accidental sampling), dengan rumus Slovin diperoleh hasil 99,9, agar lebih representatif, maka dibulatkan menjadi 100 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Pelayanan (X1), Promosi (X2), dan kepuasan pengunjung (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS . Besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan promosi secara simultan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata pantai Sigandu Kabupaten Batang Jawa Tengah adalah 84 % pengaruh kualitas pelayanan dan 83 % pengaruh promosi,dengan persamaan regresi yang dihasilkan Y= 11,582 + 0,239 X1 + 0,466 X2. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan, dan promosi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata pantai Sigandu Kabupaten Batang Jawa Tengah. Saran yang dapat diberikan adalah kualitas pelayanan ditingkatkan dengan cara memberikan keramahan pegawai, cepat tanggap terhadap keluhan pengunjung, menyampaikan informasi secara detail dan melakukan promosi melalui radio media cetak lokal maupun nasional serta mengadakan acara hiburan agar menarik pengunjung datang ke Pantai Sigandu Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, promosi dan kepuasan pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 23:58
Last Modified: 07 May 2012 23:58

Actions (login required)

View Item