Pengaruh Debet to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Earning per share (EPS), dan Return On Equity (ROE) Terhadap return saham” (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 Periode 2008-2010)

Yoppy Ade Putra, 7250407035 (2012) Pengaruh Debet to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Earning per share (EPS), dan Return On Equity (ROE) Terhadap return saham” (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 Periode 2008-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Yoppy Ade Putra. 2012. “Pengaruh Debet to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Earning per share (EPS), dan Return On Equity (ROE) Terhadap return saham” (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 Periode 2008-2010) ”, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Return Saham, Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Earnig Per Share Return on Equity (ROE) Return merupakan hasil yang diperoleh dari investasi di pasar modal. Meningkatnya return saham maka juga dapat dikatakan kinerja perusahan juga baik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan konvensional dengan variabel Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Eearning Per Share (EPS), dan Return On Equity (ROE) Terhadap Return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk dalam kategori LQ 45 yang terdaftar di BEI tahun 2008-20010. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling yang terdiri dari 13 sampel perusahaan pada setiap tahun yang berarti ada 39 unit analisis selama periode penelitian. data yang digunakan merupakan data sekunder. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis uji simultan (F) dan uji parsial (t). Hasil penelitian secara simultan menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara DER, DPR, EPS dan ROE terhadap Return Saham. Secara parsial DER, DPR EPS, dan ROE berpengaruh secara masing-masing terhadap return saham. Dari persamaan regresi berganda diketahui adanya pengaruh besarnya DER bersifat negatif dan besarnya DPR, EPS dan ROE yang sifatnya positif. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh secara simultan antara DER, DPR, EPS dan ROE terhadap Return Saham. Sedangkan Secara parsial hanya DER dan EPS yang berpengaruh signifikan terhadap Return Saham, sedangkan DPR dan ROE tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap Return Saham. Dari kesimpulan yang ada, maka penulis menyarankan bagi calon investor dalam melakukan penilaian atas saham akan lebih optimal jika menggunakan DER dan EPS sebagai bahan pertimbangan sebelum berinvestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return Saham, Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Earnig Per Share Return on Equity (ROE)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 23:39
Last Modified: 07 May 2012 23:39

Actions (login required)

View Item