Pengaruh Modal Kerja, Tenaga Kerja dan Teknologi Terhadap Nilai Produksi Pada Industri Kecil Makanan dan Minuman di Ungaran Tahun 2010.

Arya Tyagita, 3353405506 (2012) Pengaruh Modal Kerja, Tenaga Kerja dan Teknologi Terhadap Nilai Produksi Pada Industri Kecil Makanan dan Minuman di Ungaran Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Arya Tyagita. 2012. Pengaruh Modal Kerja, Tenaga Kerja dan Teknologi Terhadap Nilai Produksi Pada Industri Kecil Makanan dan Minuman di Ungaran Tahun 2010. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Prof. Dr. Rusdarti, M.Si, Pembimbing II : Kata Kunci : Modal Kerja, Tenaga Kerja, Teknologi, Nilai Produksi Industri kecil makanan dan minuman merupakan industri kecil dengan rerata tingkat perkembangan jumlah unit usaha dan jumlah penyerapan tenaga kerja yang terbesar, namun memiliki nilai produksi yang paling rendah di antara kelompok industri kecil lainnya di Kota Semarang selama tahun 2005-2007. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kondisi permodalan, tenaga kerja dan teknologi pada industri kecil makanan dan minuman di Ungaran? (2) Adakah pengaruh modal kerja, tenaga kerja, dan teknologi terhadap nilai produksi pada industri kecil makanan dan minuman di Ungaran secara bersama-sama maupun parsial? Populasi penelitian ini adalah seluruh industri kecil makanan minuman di Ungaran yang berjumlah 121 unit usaha. Teknik pengambilan sampel yang berjumlah 47 unit usaha dilakukan dengan proporsional cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Modal Kerja (X1), Tenaga Kerja (X2), Teknologi (Dummy), dan Nilai Produksi (Y) pada industri kecil makanan minuman di Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi program komputer SPSS 17. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program komputer statistik SPSS 17 diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : LnY = 2,496 + 1,204 LnX1 + 0,612 LnX2 - 0,103 DUMMY. Modal kerja, tenaga kerja, dan teknologi secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai produksi yang ditunjukkan dengan Fhitung (77,948) > Ftabel (2,713). Secara parsial modal kerja dan tenaga kerja berpengaruh terhadap nilai produksi, hal ini ditunjukkan oleh thitung (11,401) untuk variabel modal kerja, dan (3.377) untuk variabel tenaga kerja yang lebih besar dari ttabel (1,291). Sedangkan secara parsial teknologi tidak berpengaruh terhadap nilai produksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara variabel modal kerja, tenaga kerja, teknologi terhadap nilai produksi pada industri kecil makanan minuman di Ungaran. Secara parsial modal kerja, tenaga kerja dan teknologi berpengaruh positif terhadap nilai produksi. Saran dari penelitian ini adalah pemilik industri kecil makanan dan minuman di Ungaran hendaknya mampu memanfaatkan teknologi dalam kegiatan usahanya untuk meningkatkan kuantitas produksi, disamping untuk untuk efisiensi biaya produksi dan meningkatkan kualitas hasil produksi serta untuk mempermudah jalannya proses produksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja, Tenaga Kerja, Teknologi, Nilai Produksi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 22:06
Last Modified: 07 May 2012 22:06

Actions (login required)

View Item