Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pekalongan

Masduki, 3352405013 (2012) Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Masduki. 2012. “Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pekalongan”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Sri Wartini, SE M.M. II.Dra. Palupiningdyah, M.Si. Kata Kunci : Modal Sendiri, Modal Pinjaman, Rentabilitas Ekonomi Koperasi sebagai badan usaha didalam beroperasi dengan menggunakan modal sendiri dan modal pinjaman selain untuk mendapatkan laba atau keuntungan juga mengupayakan rentabilitas ekonomi yang tinggi dan meningkat. Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pekalongan terdapat 13 KPRI yang modal sendiri dan modal pinjamannya mengalami kenaikan, tetapi nilai total perusahaan mengalami penurunan berupa turunnya nilai rentabilitas ekonomi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman secara parsial maupun simultan terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) yang ada di Pekalongan. Sampel yang diambil sejumlah 29 Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka dan analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan regresi linier Y= 3.210+ 6.261X1- 7.143X2.. Hasil Uji t variabel modal sendiri memperoleh nilai probabilitas t hitung 0.016 dan tingkat signifikansi 0.987> 0.05, berarti modal sendiri tidak berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi. Hasil Uji t variabel modal pinjaman memperoleh nilai probabilitas t hitung -3.587 dan tingkat signifikansi 0.001<0.05, berarti modal pinjaman berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi. Hasil Uji F memperoleh nilai probabilitas F hitung 8.320 dan tingkat signifikansi 0.001< 0.05, berarti modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi. Simpulan dalam penelitian ini yaitu besar kecilnya modal sendiri tidak berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi. Sedangkan besar kecilnya modal pinjaman berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi. Saran yang diberikan yaitu; berkaitan dengan modal sendiri, pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pekalongan hendaknya mengutamakan penggunaan modal sendiri dalam menjalankan usaha melalui peningkatan jumlah simpanan pokok anggota, simpanan wajib, dana cadangan dan donasi atau hibah dari anggota koperasi. Sedangkan berkaitan dengan modal pinjaman, pengurus hendaknya mengurangi penggunaan modal pinjaman dalam menjalankan usaha melalui pengurangan jumlah modal pinjaman yang bersumber dari koperasi, bank/lembaga keuangan, dan penerbitan obligasi/surat hutang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Sendiri, Modal Pinjaman, Rentabilitas Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2012 21:16
Last Modified: 07 May 2012 21:16

Actions (login required)

View Item