Aspirasi Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak (Kasus Pada Komunitas PKL Jalan Dr. Rajiman Kelurahan Pajang Kecamatan Laweyan Kota Surakarta).

Danang Tejo Nurseto,, 1201404029 (2011) Aspirasi Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak (Kasus Pada Komunitas PKL Jalan Dr. Rajiman Kelurahan Pajang Kecamatan Laweyan Kota Surakarta). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Aspirasi Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak (Kasus Pada Komunitas PKL Jalan Dr. Rajiman Kelurahan Pajang Kecamatan Laweyan Kota Surakarta).) - Published Version
Download (68Kb)

    Abstract

    Masalah penelitian adalah bagaimana aspirasi dan partisipasi orang tuan terhadap pendidikan anak? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan aspirasi dan partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak pada komunitas pedagang kakilima Jalan Dr. Rajiman kota kelurahan pajang kecamatan Laweyan Surakarta Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik untuk membuktikan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dilapangan, triangulasi, pengecekan dengan teman sejawat dan referensi yang memadai. Teknik analisis data penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian berupa: gambaran Jalan Dr. Rajiman kelurahan Pajang, variasi dagangan PKL, usia PKL, lama berjualan, pendidikan terakhir PKL, pengahilan PKL perbulan dan aspirasi dan partisipasi PKL terhadap pendidikan anak. Kesimpulan penelitian ini adalah PKL memiliki aspirasi dan partisipasi beragam dalam pendidikan anak. Dengan melihat kenyataan di lapangan aspirasi dan partisipasi orangtua sangat diperlukan, demi kemajuan dan keberhasilan pendidikan anak, apabila peran serta orangtua baik dalam mendidik dan menunjang pendidikan anak maka dapat menghasilkan sesuatu yang baik pula. Hal ini dapat dilihat dari harapan dan peran serta orangtua, mereka bekerja dari pagi sampai malam guna mencukupi kebutuhan keluarga, baik kebutuhan ekonomi maupun pendidikan anak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aspirasi Dan Partisipasi Orangtua
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 May 2012 22:47
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:26

    Actions (login required)

    View Item