Integrasi Nilai-nilai Kewirausahaan dalam Praktik Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Muslimat Nurul Huda Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Elfi Farkhati , 1601908057 (2011) Integrasi Nilai-nilai Kewirausahaan dalam Praktik Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Muslimat Nurul Huda Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Integrasi Nilai-nilai Kewirausahaan dalam Praktik Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Muslimat Nurul Huda Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.) - Submitted Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan adalah suatu sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya, dan berusaha dalam rangka meraih kesuksesannya. Menurut para ahli ada banyak nilai yang dianggap paling pokok dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik, namun implementasi dari nikai-nilai kewirausahaan tersebut dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama implementasi nilai-nilai kewirausahaan diambil 6 (enam) pokok yaitu: mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, berorientasi pada tindakan, kepemimpinan, dan kerja keras. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana integrasi nilai-nilai kewirausahaan dalam praktik pembelajaran di TK.MuslimatNurul Huda Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, sehingga perlu dicari solusi bagaimana agar praktik pembelajaran teintegrai nilai-nilai kewirausahaan dapat terlaksana dengan baik sehingga peserta didik dapat memiliki karakter atau perilaku kewirausahaan yang tangguh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana integrasi nilai-nilai kewirausahaan dalam praktik pembelajaran di TK. Muslimat Nurul Huda Desa Pakujati Kecamatan paguyangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitan kualitatif, dimana peneliti mencoba menguraikan dan menggambarkan tentang masalah yang dibahas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif, peneliti berusaha mendeskripsikan atau menguraikan secara rinci temuan-temuan di lapangan pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan dapat diintegrasikan melalui berbagai bidang pengembangan yang ada di Taman Kanak-kanak, yaitu moral dan nilai-nilai keagaman, sosial, emosional, dan kemandirian, berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran, strategi belajar kooperatif, dan juga melalui kegiatan sehari-hari yang ada di TK Muslimat Nurul Huda Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Saran yang penulis sampaikan adalah perlunya kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, peserta didik dan wali murid agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Selain itu sarana prasarana yang memadai juga sangat diperlukan sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Dan untuk mendukung telaksananya pendidikan kewirausahaan maka sekolah harus dikondisikan sebagai sekolah yang mencerminkan nilai-nilai kewirausahaan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Pembelajaran, Pendidikan Anak, Pra Sekolah
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 26 Jan 2012 23:05
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:25

    Actions (login required)

    View Item