Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang

M. Danang Syaifulloh , 7350406536 (2011) Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang) - Published Version
Download (3745Kb)

    Abstract

    Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang adalah salah satu lembaga penyedia jasa pelayanan kesehatan. Usaha pelayanan jasa untuk meningkatkan kepuasan pasien dapat di tempuh dengan berbagai cara di antaranya dengan meningkatkan dimensi kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah menggunakan jasa Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik sampling accidental dengan rumus Slovin dan diperoleh sebanyak 100 pasien. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Bukti Langsung (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) dan Kepuasan Pasien (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif persentase, uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (t) dan uji simultan (f), dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi data menunjukkan persamaan sebagai berikut Y = 7,145 + 0,296 X1 + 0,110 X2 + 0,092 X3 + 0,169 X4 + 0,195 X5. Hasil uji F diperoleh de dengan serta p value sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,05, dan uji t diperoleh taraf signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,05 untuk bukti langsung, 0,026 lebih kecil dari pada 0,05 untuk kehandalan, 0,044 lebih kecil dari pada 0,05 untuk daya tanggap, 0,048 lebih kecil dari pada 0,05 untuk jaminan dan 0,012 lebih kecil dari pada 0,05 untuk empati. Koefisien determinasi sebesar 0,342, hal ini berarti 34,2% kepuasan pasien dipengaruhi oleh bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati pada Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang, sedangkan sisanya 62,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah bukti langsung berpengaruh sebesar 20,79%, kehandalan berpengaruh sebasar 5,15%, daya tanggap berpengaruh sebesar 4,24%, jaminan berpengaruh sebesar 4,08% dan empati berpengaruh sebesar 6,50% terhadap kepuasan pasien pada Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang. Secara simultan pengaruh terhadap Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang sebesar 37,5%. Saran yang dapat diberikan adalah Poliklinik Paramedina Tlogosari Semarang meningkatkan kinerja indikator penampilan pegawai pada faktor bukti langsung, mengoreksi pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, meningkatkan kinerja pelayanan dalam menanggapi pengaduan dari pelanggan, mencari karyawan baru yang khusus menangani gangguan peralatan pengobatan, hendaknya para karyawan dapat memberikan perhatian dan skap simpatik kepada pelanggan. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti dengan variabel yang lain seperti harga dan lokasi yang kiranya dapat mempengaruhi kepuasan pasien.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 Jan 2012 19:55
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:24

    Actions (login required)

    View Item