Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas XI IPS di SMA Negeri I Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2009/2010”.

Zahrida Nur Afiati, 2010 (2010) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas XI IPS di SMA Negeri I Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2009/2010”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas XI IPS di SMA Negeri I Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2009/201) - Published Version
Download (114Kb)

    Abstract

    Keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari perolehan hasil belajarnya. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain dari faktor intern dan ekstern Penelitian ini menggunakan model pembelajaran TGT yang dikolaborasikan dengan media CD pembelajaran yang tujuannya agar siswa lebih aktif, kreatif, dan bertanggung jawab serta proses pembelajaran bisa berjalan lebih efektif dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran TGT dengan bantuan media CD pembelajaran lebih efektif dari pada model pembelajaran kontekstual atau CTL terhadap hasil belajar ekonomi akuntansi pokok bahasan jurnal umum siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara tahun 2009/2010. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPS 2, kemudian kelas XI IPS 3 sebagai kelas uji coba instrumen. Pada kelas eksperimen diterapkan penggunaan TGT dengan bantuan media CD pembelajaran sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran kontekstual. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, tes, dan di analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian sebelum treatment menunjukkan nilai pre test rata-rata untuk kelas eksperimen 45,46 dan kelas kontrol 45,94. Sedangkan akhir yaitu post test nilai rata-rata kelas eksperimen 86,60 dan nilai untuk kelas kontrol 76,47. Hasil belajar untuk kelas ekspeimen meningkat 41,14 atau 47,51% dan Hasil belajar untuk kelas kontrol meningkat 30,53 atau 39,92%. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa pada pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan bantuan media CD pembelajaran lebih tinggi daripada model pembelajaran kontekstual. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru dapat menciptakan media pembelajaran yang digunakan sesuai model pembelajaran yang diterapkan agar ketuntasan hasil belajar siswa dapat tercapai, guru harus bisa mengkondisikan dan memotivasi agar siswa aktif dalam pembelajaran, sekolah bisa lebih mengembangkan dan memanfaatkan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan peneletian contohnya pengembangan media yang digunakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT dengan Bantuan Media CD Pembelajaran , Hasil Belajar, Jurnal Umum Perusahaan Jasa.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 6685 not found.
    Date Deposited: 26 Jan 2012 23:05
    Last Modified: 26 Jan 2012 23:05

    Actions (login required)

    View Item