Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses dengan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi(Studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Magelang).

Ayu Widiastuti , NIM 7101407253 (2011) Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses dengan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi(Studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses dengan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Magelang).) - Submitted Version
Download (958Kb)

    Abstract

    Kompetensi siswa merupakan salah satu parameter yang digunakan dalam mengukur keberhasilan dalam proses belajara mengajar. Keberhasilan dari suatu pembelajaran adalah dengan penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan ketrampilan proses dengan LKS mampu meningkatkan kompetensi siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMA Muhammadiyah 1 Magelang tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Muhammadiyah 1 Magelang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 130. Dengan teknik random sampling diperoleh kelas XI IS 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Pendekatan Ketrampilan Proses dan kelas XI IS 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian sebelum treatmen menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 58,33 dan kelas kontrol 59,90 sedangkan nilai rata-rata post test untuk kelas eksperimen 74,43 dan nilai untuk kelas kontrol 66,28 Hasil Belajar untuk kelas eksperimen meningkat 21,63% dan hasil belajar untuk kelas kontrol meningkat 9,62%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa mampu meningkatkan kompetensi siswa dibandingkan dengan motode pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini didasarkan dari hasil uji t diperoleh sig (2-tailed) = 0,000 kurang dari taraf signifikan (α) = 0,05 maka Ho ditolak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru disarankan menerapkan pendekatan ketrampilan proses dengan LKS sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran disekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kompetensi Siswa, Pendekatan Ketrampilan Proses, LKS
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 08 Jan 2012 22:03
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:16

    Actions (login required)

    View Item